7 Bahaya bagi Tubuh jika Kurang Konsumsi Buah dan Sayur

Kompas.com - 30/09/2020, 10:33 WIB
Ilustrasi jus perpaduan buah dan sayur. ShutterstockIlustrasi jus perpaduan buah dan sayur.

KOMPAS.com - Buah dan sayur merupakan bahan pangan yang penting bagi tubuh kita. Kandungan nutrisi dari buah dan sayur sangat kaya untuk mempertahankan fungsi organ tubuh.

Untuk itu, makan sayur dan buah merupakan hal yang tak boleh dilewatkan.

Namun, di tengah kesibukan pekerjaan dan mungkin bagi perantau, konsumsi buah dan sayur kadang menjadi hal yang sulit didapatkan.

Baca juga: Bukan Hanya Buah dan Sayur, 10 Makanan Ini Dapat Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Faktanya, kebanyakan orang dewasa tidak cukup mengonsumsi buah dan sayur.

Kabar buruknya, jika ini terjadi terus-menerus dapat membahayakan kesehatan. Kira-kira apa saja kerugian dari tidak memakan buah dan sayur dengan cukup?

1. Tidak cukup serat

Buah dan sayuran mengandung serat, terutama pada buah-buahan cerah yang memiliki kulit yang dapat dimakan.

Melansir dari Eating Well, jika semua yang Anda makan adalah daging dan lemak, maka yang terbaik adalah makan serat agar tetap teratur dan melancarkan pencernaan.

Selain itu, tanpa buah dan sayur Anda lebih rentan mengalami dehidrasi. Buah-buahan dan sayuran sering kali memiliki kandungan air yang tinggi untuk menawarkan cairan agar Anda tidak terlalu kembung dan terhidrasi di siang hari.

Jika Anda tidak minum cukup cairan dan tidak mendapatkan cairan melalui makanan, Anda mungkin melihat efek dehidrasi, seperti kelelahan, kencing kuning, dan kram otot.

2. Kulit menjadi tidak segar

Buah-buahan dan sayur-sayuran mengandung antioksidan dan vitamin tinggi yang baik untuk kesehatan kulit.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X