Kompas.com - 14/08/2022, 19:31 WIB

KOMPAS.com - Manfaat sunscreen atau tabir surya selama ini dikenal untuk melindungi kulit dari efek buruk radiasi sinar ultraviolet matahari.

Paparan sinar matahari tanpa perlindungan ekstra bisa menyebabkan keriput muncul lebih awal, bintik-bintik hitam, sampai kanker kulit.

Maka, sunscreen termasuk salah satu skincare wajib digunakan di pagi dan siang hari. Lantas, apakah boleh memakai sunscreen di malam hari?

Baca juga: Tips Memilih Sunscreen untuk Wajah Berminyak dan Berjerawat

Seperti diketahui, terkadang ada juga pelembap yang dilengkapi sunscreen. Ketika krim malam habis dan kulit butuh pelembap darurat, ada sebagian orang yang menggunakan pelembap plus sunscreen di malam hari.

Bagaimanakah efeknya pada kulit? Simak penjelasan berikut cara memakai sunscreen yang tepat berikut.

Apakah boleh memakai sunscreen di malam hari?

Dilansir dari Healthdigest, sejumlah pakar kesehatan kulit menyerukan kita tidak boleh memakai sunscreen di malam hari, termasuk pelembap yang mengandung tabir surya.

Pasalnya, pemakaian tabir surya di malam hari bisa menyumbat pori-pori kulit, sehingga bisa meningkatkan risiko jerawat.

Tidur dengan sunscreen masih menempel di wajah juga bisa menyebabkan kulit kering dan tidak nyaman.

Selain itu, memakai sunscreen di malam hari tidak ada faedahnya. Dilansir dari LiveStrong, tabir surya dirancang untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Jika digunakan di malam hari, manfaatnya tidak terasa.

Baca juga: 5 Urutan Pemakaian Skincare Malam menurut Ahli Dermatologi

Cara memakai sunscreen

Cara memakai sunscreen agar hasil perlindungan skincare ini optimal tak boleh asal-asalan. Dikutip dari WebMD, perhatikan langkah-langkah berikut:

  • Pilih jenis tabir surya yang tepat sesuai kebutuhan dan jenis kulit. Untuk kulit berminyak dan berjerawat, pilih jenis tabir surya berbasis air atau gel. Jika kulit sensitif, pilih produk yang tidak mengandung para-aminobenzoic acid. Tak kalah penting, pilih produk yang memberikan fungsi perlindungan untuk UVA-UVB dengan SPF minimal 15
  • Oleskan tabir surya sekitar 30 menit sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari. Dengan begitu skincare ini sudah benar-benar terserap kulit dan tidak mudah hilang saat Anda berkeringat
  • Oleskan tabir surya sampai merata, termasuk telinga punggung, bahu, kaki, dan bagian tubuh yang terpapar matahari. Hati-hati, hindari mengoleskan sunsreen di sekitar mata
  • Ingat, jangan lupa mengoleskan kembali tabir surya setelah kulit terkena air atau banyak berkeringat

Setelah menyimak penjelasan apakah boleh memakai sunscreen di malam hari di atas, jangan lupa juga memperhatikan cara memakai suncreen di atas.

Baca juga: 7 Rekomendasi Bahan Produk Skincare untuk Jerawat

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.