Kompas.com - 16/08/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Beberapa hari lalu, para peneliti menemukan adanya virus Langya atau Langya henipanvirus yang menyebar di China Timur.

Virus tersebut menyebar melalui hewan tikus. Sejauh ini, sebanyak 35 orang telah dinyatakan positif terkena virus Langya dan menunjukan gejala seperti demam, batuk, dan sakit kepala.

Virus Langya merupakan jenis virus RNA yang bisa menyebar dengan mudah ke manusia. Namun, sejauh ini peneliti menyimpulkan bahwa virus tersebut tidak mematikan.

Baca juga: 13 Manfaat Minum Air Putih 2 Liter Setiap Hari

Gejala infeksi virus Langya

Mereka yang terinfeksi virus Langya bisa mengalami berbagai gejala seperti demam, kelelahan, batuk, nyeri otot, sakit kepala, dan muntah.

Namun, gejala yang paling umum dialami oleh pasien yang terinfeksi virus Langya adalah demam.

Sementara itu, sekitar 50 persen dari pasien yang terinfeksi mengalami kelelahan, batuk, dan kehilangan nafsu makan.

Sekitar sepertiga pasien yang terinfeksi virus Langya juga mengalami gangguan fungsi hati, dan delapan persen pasien mengalami gangguan fungsi ginjal.

Apakah virus ini menular lewat manusia?

Melansir informasi dari laman Healthline, hingga saat ini peneliti belum menemukan bukti bahwa virus Langya bisa menular dari manusia ke manusia.

Hingga saat ini, tidak ada pasien yang tertular virus Langya dari sesama manusia. Selain itu, tidak ada satupun dari pasien tersebut yang menyebarkannya ke orang lain.

Namun, hal tersebut belum tentu memastikan bahwa virus Langya tidak bisa menular dari manusia ke manusia.

Halaman:
Sumber Healthline

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.