Kompas.com - 15/08/2022, 13:30 WIB

KOMPAS.com - Batu empedu bisa terbentuk di dalam tubuh Anda hingga menyumbat saluran organ dan menimbulan beberapa gejala.

Batu empedu ini hasil dari pengkristalan kolesterol yang mengendap di kantong empedu, organ kecil yang berbentuk buah pir tepat di bawah hati.

Anda yang memiliki penyakit batu empedu secara medis didiagnosis menderita kolelitiasis.

Baca juga: Apa Itu Batu Empedu?

Mengutip NHS, dalam banyak kasus batu empedu ini tidak memiliki tanda-tanda apa pun sampai ada yang bergerak menyumbat saluran organ ini.

Jika batu empedu sudah sampai menyumbat saluran empedu, itu bisa menyebabkan sakit perut yang luar biasa secara tiba-tiba.

Tanda penyakit batu empedu yang pertama ini disebut sebagai "kolik bilier".

Tanda-tanda penyakit batu empedu lainnya dapat Anda alami, jika terjadi penyumbatan lebih parah atau berkembang di bagian lain dari sistem pencernaan.

Baca juga: 5 Cara Alami Mengatasi Batu Empedu

Sakit perut

Mengutip NHS, sakit perut sebagai tanda penyakit batu empedu bersarang di perut Anda ini bisa berlangsung selama 1-5 jam.

Meski, terkadang bisa saja berlangsung hanya beberapa menit.

Sakit perut ini bisa terasa di area tengah. Bisa juga dimulai di bawah tulang rusuk sisi kanan Anda yang kemudian menyebar sisi sebelahnya hingga tulang belikat.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.