Kompas.com - 15/08/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Apakah Anda pernah melihat atau bahkan mengenal seseorang yang merasa dirinya lebih hebat dari orang lain? Atau mungkin memiliki kekuatan super yang bisa mengubah sesuatu yang tidak mungkin?

Bisa jadi apa yang Anda lihat tersebut adalah salah satu gejala dari megalomania atau delusion of grandeur yang mungkin terdengar sedikit asing di telinga Anda.

Menurut Medical News Today, megalomania adalah salah satu jenis delusi yang bisa menjadi tanda dari beberapa jenis gangguan mental.

Berikut cara mengetahui seseorang mengalami megalomania dan penyebabnya.

Baca juga: Apakah Penyakit Bipolar Bisa Disembuhkan?


Gejala megalomania

Seseorang yang mengalami delusi megalomania akan menganggap dirinya lebih besar dan lebih penting daripada orang lain.

Keadaan ini juga pernah diteliti oleh ahli dari India yang dimuat pada Industrial Psychiatry Journal di tahun 2009.

Dari penelitian tersebut, ditemukan bahwa seseorang yang mengalami megalomania akan menganggap bahwa pandangan tentang dirinya tersebut benar sehingga membuatnya tidak ingin mengubah keadaan tersebut.

Tidak hanya itu saja, dari penelitian tersebut juga ditemukan bahwa seseorang yang mengalami megalomania adalah gejala awal dari skizofrenia.

Medical News Today menjelaskan bahwa gangguan delusi ini bisa muncul pada waktu tertentu saja, namun juga bisa menjadi salah satu kondisi yang permanen.

Meskipun tidak sedikit ditemukan orang-orang yang merasa dirinya hebat, seseorang yang mengalami megalomania ternyata tidak terlalu memperdulikan apa yang terjadi di sekitarnya.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.