Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/08/2022, 13:34 WIB
Ria Apriani Kusumastuti,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Didiagnosis menderita diabetes akan terasa berat dan dunia seolah-olah terlihat tidak sama lagi.

Menderita diabetes berarti bahwa seseorang tidak bisa mengonsumsi makanan atau minuman favoritnya secara sembarangan lagi.

Setiap asupan makanan atau minuman harus dijaga agar tidak memperparah diabetes yang dimiliki dan menyebabkan komplikasi.

Diabetes sendiri didefinisikan oleh WHO sebagai salah satu penyakit kronis di mana pankreas tidak bisa memproduksi insulin atau tubuh tidak bisa menggunakan insulin tersebut dengan baik.

Baca juga: Fakta Tentang Sensitivitas Insulin dan Cara Meningkatkannya

Padahal, insulin adalah salah satu jenis hormon yang berguna untuk mengatur gula darah dan ketika tidak berfungsi dengan baik, bisa menyebabkan kondisi yang berbahaya.

Untuk itu dibutuhkan bantuan dari injeksi insulin untuk menggantikan produksi insulin alami di dalam tubuh.

Melansir Healthline, penderita diabetes tipe 1 dan 2 akan sangat terbantu dengan injeksi insulin ini karena bisa membantu mengontrol level gula darah.

Semua jenis insulin yang bisa digunakan oleh penderita diabetes sebenarnya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menggantikan insulin alami yang diproduksi oleh tubuh.

Meskipun begitu, ada 4 jenis insulin yang umumnya digunakan dan masing-masing memiliki efektivitas durasi waktu yang berbeda untuk bekerja.

1. Rapid-acting insulin atau insulin kerja cepat

Menurut Medical News Today, rapid-acting insulin atau insulin kerja cepat merupakan jenis insulin yang bisa diserap oleh tubuh dengan cepat.

Orang-orang yang menggunakan insulin kerja cepat adalah mereka yang menderita hiperglikemia atau kadar gula darah tinggi, serta mereka yang ingin mengontrol kenaikan gula darah setelah makan.

Cleveland Clinic juga menambahkan bahwa jenis insulin ini akan bekerja dalam waktu 5-20 menit dan akan terus bekerja dari 3-5 jam di dalam tubuh.

Insulin ini akan bekerja secara maksimal dalam 1-2 jam setelah injeksi insulin dilakukan dan harus disuntikkan tepat sebelum makan.

Baca juga: Resistensi Insulin

2. Short-acting insulin atau insulin kerja singkat

Jika dibandingkan dengan insulin kerja cepat, jenis insulin kerja singkat ini akan memerlukan waktu yang sedikit lama untuk bekerja.

Menurut Cleveland Clinic, jenis insulin ini akan bekerja dalam waktu 30 hingga 60 menit setelah disuntikkan.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com