Kompas.com - 16/08/2022, 13:34 WIB


KOMPAS.com - Didiagnosis menderita diabetes akan terasa berat dan dunia seolah-olah terlihat tidak sama lagi.

Menderita diabetes berarti bahwa seseorang tidak bisa mengonsumsi makanan atau minuman favoritnya secara sembarangan lagi.

Setiap asupan makanan atau minuman harus dijaga agar tidak memperparah diabetes yang dimiliki dan menyebabkan komplikasi.

Diabetes sendiri didefinisikan oleh WHO sebagai salah satu penyakit kronis di mana pankreas tidak bisa memproduksi insulin atau tubuh tidak bisa menggunakan insulin tersebut dengan baik.

Baca juga: Fakta Tentang Sensitivitas Insulin dan Cara Meningkatkannya

Padahal, insulin adalah salah satu jenis hormon yang berguna untuk mengatur gula darah dan ketika tidak berfungsi dengan baik, bisa menyebabkan kondisi yang berbahaya.

Untuk itu dibutuhkan bantuan dari injeksi insulin untuk menggantikan produksi insulin alami di dalam tubuh.

Melansir Healthline, penderita diabetes tipe 1 dan 2 akan sangat terbantu dengan injeksi insulin ini karena bisa membantu mengontrol level gula darah.

Semua jenis insulin yang bisa digunakan oleh penderita diabetes sebenarnya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menggantikan insulin alami yang diproduksi oleh tubuh.

Meskipun begitu, ada 4 jenis insulin yang umumnya digunakan dan masing-masing memiliki efektivitas durasi waktu yang berbeda untuk bekerja.

1. Rapid-acting insulin atau insulin kerja cepat

Menurut Medical News Today, rapid-acting insulin atau insulin kerja cepat merupakan jenis insulin yang bisa diserap oleh tubuh dengan cepat.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.