Kompas.com - 15/08/2022, 10:34 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah Anda merasa sangat lelah setelah melakukan aktivitas tertentu? Jika iya, bisa jadi Anda kekurangan energi yang diperlukan oleh tubuh.

Sumber energi yang dibutuhkan oleh manusia berasal dari tiga sumber, yaitu karbohidrat, lemak, dan protein.

Melansir Healthline, karbohidrat yang dikonsumsi akan diserap dan dipecah menjadi glukosa sebelum memasuki aliran darah.

Glukosa atau level gula dalam darah inilah yang nantinya akan mengisi asupan energi di dalam tubuh.

Baca juga: Memahami Hubungan Gula Darah dan Insulin

Meskipun begitu, Anda yang mengalami diabetes harus sangat memperhatikan level gula darah tersebut karena bisa sangat mengancam nyawa jika dibiarkan.

Namun, apakah ada cara untuk menurunkan gula darah dengan cepat dan aman?

Menurunkan gula darah dalam keadaan darurat

Level gula darah yang tinggi di dalam tubuh bisa sangat berbahaya bagi penderita diabetes karena termasuk keadaan darurat yang bisa mengancam nyawa.

Salah satu cara terbaik yang bisa digunakan untuk menurunkan gula darah dalam keadaan darurat adalah dengan mengunjungi ruang gawat darurat agar ditangani oleh dokter.

Namun pada beberapa kasus, Anda bisa melakukan tindakan pencegahan untuk menurunkan gula darah dan menghindari komplikasi.

Healthline menyebutkan bahwa minum air putih atau memakan makanan ringan tinggi protein bisa membantu dalam menurunkan gula darah.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.