Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Skincare AHA BHA Boleh Dicampur Niacinamide?

Kompas.com - 22/08/2022, 22:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - AHA BHA dan niacinamide adalah dua skincare yang belakangan tengah naik daun.

Dilansir dari Skincare, alpha hydroxy acids dan beta hydroxy acid atau dikenal dengan AHA BHA adalah produk perawatan kulit yang berfungsi sebagai bahan eksfoliasi kimia untuk mengangkat sel kulit mati.

Sedangkan niacinamide adalah turunan vitamin B3 yang berguna untuk menjaga kelembapan kulit, menyamarkan garis halus penuaan, mengurangi peradangan, sampai membantu mengatasi jerawat.

Mengingat kedua skincare ini sama-sama baik untuk kulit tertentu, sebagian di antara Anda barangkali ada yang penasaran, apakah AHA BHA boleh dicampur niacinamide? Simak penjelasan berikut.

Baca juga: Kenali Apa itu Niacinamide, Kandungan, Fungsi, dan Efek Sampinya


Apakah AHA BHA boleh dicampur niacinamide?

Dokter spesialis kulit Dr. Deborah Spey dari Schweiger Dermatology Group yang berbasis di New York AS menyarankan agar AHA BHA tidak dicampur dengan niacinamide.

Menurut Spey, AHA BHA adalah skincare yang bersifat asam. Ketika AHA BHA dicampur niacinamide, kadar keasaman alami (pH) kulit akan meningkat, tapi kadar keasaman dan konsentrasi bahan aktif kedua skincare ini menurun.

Jadi, dokter menyarankan agar penggunaan kedua bahan aktif ini tidak dipakai berbarengan.

Gunakan AHA BHA dan niacinamide terpisah agar Anda bisa memetik manfaat skincare ini secara optimal.

Misalkan, salah satunya digunakan di pagi hari, yang lain digunakan pada malam hari. Atau, berikan jeda setidaknya 30 menit agar produk perawatan kulit ini meresap sempurna.

Baca juga: Bolehkah Pakai Skincare Retinol Dicampur Niacinamide?

Skincare AHA BHA boleh digabung dengan apa saja?

AHA BHA adalah produk eksfoliasi yang bisa membuat kulit kering. Jadi, sebaiknya gunakan skincare ini dengan produk yang dapat membantu melembapkan kulit.

Dilansir dari Instyle, skincare AHA BHA boleh digabung dengan produk perawatan kulit seperti ceramide, petrolatum, asam hialuronat, atau gliserin.

Selain pelembap, AHA BHA juga boleh digabung dengan tabir surya atau sunscreen agar kulit tidak gampang teriritasi saat terpapar sinar matahari.

Setelah menyimak apakah AHA BHA boleh dicampur nianicamide berikut rekomendasi skincare yang pas untuk bahan eksfoliasi kimia ini, Anda jangan keliru lagi menggunakan produk perawatan ini.

Baca juga: 7 Manfaat Niacinamide untuk Kulit Wajah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com