Kompas.com - 05/09/2022, 09:01 WIB

KOMPAS.com - Stroke adalah penyakit pembuluh darah otak yang membuat pasokan darah ke organ vital ini terputus dan merusak sel-sel otak.

Dilansir dari Stroke Association, efek stroke bisa menyebabkan kinerja tubuh terganggu, termasuk memengaruhi kemampuan berpikir.

Untuk meningkatkan kewaspadaan pada penyakit ini, kenali jenis-jenis stroke yang perlu Anda ketahui.

Baca juga: 10 Penyebab Stroke dan Faktor Risikonya


Jenis-jenis stroke

Jenis stroke yang paling sering menyerang adalah stroke hemoragik, stroke iskemik, dan stroke ringan. Berikut penjelasannya:

Jenis stroke yang paling berbahaya adalah stroke hemoragik. Dilansir dari Kementerian Kesehatan, stroke hemoragik terjadi ketika pembuluh darah di dalam atau sekitar otak pecah.

Penyebab stroke hemoragik bisa berasal dari hipertensi yang tidak terkontrol dan melemahnya dinding pembuluh darah (aneurisma) otak.

Baca juga: 6 Penyebab Stroke pada Wanita yang Perlu Diperhatikan

Stroke iskemik adalah jenis stroke yang paling umum atau kerap menyerang. Dilansir dari WebMD, penyebab stroke iskemik utamanya karena penyumbatan pembuluh darah di otak.

Kondisi ini bisa disebabkan penyakit aterosklerosis karena gaya hidup tidak sehat, fibrilasi atrium, serangan jantung, gangguan katup jantung, cedera kepala dan leher, dan gangguan pembuluh darah.

Baca juga: 6 Penyebab Stroke pada Pria yang Paling Umum

Stroke ringan terjadi ketika ada penyumbatan pembuluh darah di otak yang berlangsung sementara. Gejala stroke ringan ini biasanya hanya muncul dalam hitungan menit dan kondisi penderita sudah kembali pulih dalam waktu 24 jam.

Meskipun relatif ringan, tapi penyakit ini perlu dievaluasi dokter karena bisa jadi penyebab stroke berat di kemudian hari. Penyebab stroke ringan biasanya sama dengan stroke iskemik.

Terlepas dari beberapa jenis-jenis stroke di atas, Anda pantang menyepelekan penyakit ini. Segera bawa penderita ke rumah sakit jika mengalami gejala stroke seperti wajah terkulai, salah satu sisi bagian tubuh mendadak lumpuh, dan tiba-tiba tidak bisa bicara.

Baca juga: Penyebab Stroke Ringan dan Faktor Risikonya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.