Kompas.com - 14/09/2022, 19:31 WIB

KOMPAS.com - Penyakit usus buntu adalah masalah kesehatan yang terjadi ketika organ kecil seukuran jari telunjuk di perut bagian kanan bawah ini mengalami peradangan.

Dikutip dari National Institute of Health, penyakit ini sedikit lebih rentan menyerang pria daripada wanita.

Usus buntu biasanya menyerang remaja dan pria berusia 20 tahunan. Namun, tidak menutup kemungkinan anak-anak dan pria 30 tahun ke atas terkena penyakit ini.

Untuk meningkatkan kewaspadaan pada masalah kesehatan ini, kenali beberapa gejala usus buntu pada pria yang khas.

Baca juga: 5 Gejala Awal Usus Buntu, Waspadai Sakit Perut dan Gangguan Pencernaan

Gejala usus buntu pada pria

Terdapat beberapa ciri-ciri usus buntu pada pria yang perlu diwaspdai, antara lain:

  • Sakit perut bagian kanan bawah

Dilansir dari WilliamsonMedicalCenter, gejala usus buntu pada pria paling umum adalah sakit perut bagian kanan bawah. Rasa sakitnya terjadi tiba-tiba dan terasa sangat sakit. Sakit perutnya dimulai dari sekitar pusar dan menjalar ke perut kanan bawah. Jika sakitnya kambuhan atau lebih dari sebulan, kemungkinan bukan ciri-ciri usus buntu.

  • Mual dan muntah

Dikutip dari Center for Minimally Invasive and Robotic Surgery Arizona, penyakit usus buntu biasanya juga menyebabkan mual dan muntah. Kondisi ini dipengaruhi peradangan pada usus buntu. Akibatnya, penderita bakal sakit perut hebat disertai mual dan muntah-muntah.

Baca juga: 7 Gejala Usus Buntu, Tak Hanya Sakit Perut Sebelah Kanan

  • Perut begah, susah kentut, dan sembelit

Perut yang rasanya sesak dan begah, susah kentut, dan tidak bisa buang air besar (BAB) dengan lancar, atau diare juga bisa jadi tanda usus buntu pada pria sedang mengalami masalah. Kondisi ini juga dipengaruhi peradangan atau penyumbatan usus buntu.

  • Demam dan menggigil

Segala jenis infeksi, termasuk usus buntu yang meradangan bisa memicu demam dan badan menggigil kedinginan. Jika pria mengalami sakit perut parah tiba-tiba disertai gangguan pencernaan dan demam, ada baiknya pria memeriksakan kondisi kesehatan usus buntunya.

Baca juga: 6 Gejala Usus Buntu pada Wanita yang Pantang Disepelekan

  • Kencing terasa sakit

Di beberapa kasus, ciri-ciri usus buntu pada pria bermasalah juga mirip penyakit lain seperti batu ginjal. Penderita bakal merasakan sakit saat kencing atau urine susah keluar saat buang air kecil.

Jika Anda mendapati beberapa gejala usus buntu pada pria di atas, segera periksa ke dokter. Jangan sampai terlambat, karena usus buntu bisa pecah dan menyebabkan infeksi meluas yang berisiko fatal.

Baca juga: Beda Gejala Usus Buntu pada Anak, Orang Dewasa, dan Lansia


 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.