Kompas.com - 13/09/2022, 18:01 WIB

KOMPAS.com - Gejala usus buntu bermasalah terkadang mirip seperti gangguan pencernaan biasa seperti buang air besar (BAB) tidak lancar dan infeksi saluran pencernaan.

Namun perlu diingat, penyakit ini bisa berbahaya karena ketika usus buntu pecah, bakteri bisa menyebar ke perut dan menyebabkan infeksi meluas ke seluruh tubuh.

Agar penyakit ini tidak terlambat ditangani, kenali beberapa gejala awal usus buntu yang pantang disepelekan.

Baca juga: 7 Gejala Usus Buntu, Tak Hanya Sakit Perut Sebelah Kanan

Gejala awal usus buntu

Terdapat beberapa ciri-ciri usus buntu bermasalah di tahap awal penyakit muncul, antara lain:

Dilansir dari VerywellHealth, sakit perut sebelah kanan bawah yang parah dan tiba-tiba adalah gejala awal usus buntu bermasalah. Rasa sakit ini biasanya memburuk saat penderita bergerak, mengambil napas dalam-dalam, batuk, atau bersin. Rasa nyerinya biasanya menjalar dari pusar lalu turun ke perut kanan bawah.

  • Mual dan muntah

Selain nyeri perut, penderita yang mengalami peradangan usus buntu juga bisa merasakan mual dan muntah.

Baca juga: 6 Gejala Usus Buntu pada Wanita yang Pantang Disepelekan

  • Demam tapi suhunya tak terlalu tinggi

Gejala usus buntu yang menyertai sakit perut, mual, dan muntah lainnya yakni demam. Demam terkait usus buntu suhunya tidak terlalu tinggi, atau kurang dari 38 derajat Celsius. Jika suhu demam tinggi, biasanya penyakit usus buntu sudah pecah atau parah.

  • Perut kembung dan susah kentut

Ciri-ciri usus buntu sakit lainnya yakni perut kembung dan susah kentut. Kondisi ini menyebabkan perut terlihat lebih buncit dari biasanya, rasanya begah atau kenyang, tidak nafsu makan, dan perut sangat tidak nyaman.

  • Sembelit atau diare

Sembelit dan diare juga bisa jadi tanda-tanda usus buntu meradang. Sayangnya, gejala ini mirip gangguan pencernaan lain. Jadi, jika Anda merasakan gejala awal usus buntu di atas disertai sembelit atau diare, ada baiknya untuk periksa ke dokter.

Baca juga: 15 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah, Tak Selalu Usus Buntu

Cara mendeteksi penyakit usus buntu

Dikutip dari EmedicineHealth, penyebab usus buntu bermasalah biasanya berasal dari penyumbatan usus buntu, infeksi saluran pencernaan yang merembet ke usus buntu, penyakit radang usus, cedera perut, atau infeksi di usus buntu.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Flu Perut
Flu Perut
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.