Kompas.com - 23/09/2022, 19:35 WIB

KOMPAS.com - Tekanan darah tinggi adalah kondisi kesehatan yang serius yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Ahli kardiologi dari New York, David Majure juga mengatakan bahwa tekanan darah tinggi merupakan penyebab umum gagal jantung.

"Tekanan darah adalah kekuatan darah yang mendorong dinding arteri Anda, dan tekanan darah yang tinggi dapat merusak arteri dan meningkatkan beban kerja jantung dan pembuluh darah," ucapnya.

Seiring berjalannya waktu, jantung mungkin mulai gagal berfungsi dan tidak dapat memompa darah sebagaimana mestinya.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Berlubang agar Tidak Kambuh Lagi

Tanda-tanda tekanan darah tinggi

Banyak orang menyadari jika tekanan darah mereka terlalu tinggi ketika mereka telah mengalami komplikasi serius. Berikut tanda tekanan darah tinggi yang sering tidak disadari:

1. Masalah Penglihatan

Masalah penglihatan bisa menjadi tanda tekanan darah tinggi.

“Kita dapat melihat perubahan akibat kondisi pembuluh darah yang disebabkan oleh diabetes atau hipertensi,” kata Dr. William White, optometris dari Texas.

Pembuluh darah di retina bisa menjadi sedikit lebih kaku dan mengeras. Mereka akan saling mendorong dan bersilangan, seperti dua selang di ruang tertutup.

Ketika kondisi memburuk, beberapa pembuluh darah mulai bergerak dan bocor hingga menyebabkan pendarahan dan berbagai macam masalah penglihatan.

2. Masalah tidur

Memiliki masalah tidur terkait dengan tekanan darah tinggi.

Halaman:
Sumber eatthis

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.