Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/09/2022, 16:31 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Cara memperbaiki skin barrier memerlukan dukungan skincare atau produk perawatan kulit yang tepat.

Apabila kurang cermat atau asal-asalan memilih, skin barrier atau pelindung kulit alami bisa semakin rusak.

Dilansir dari Healthline, ciri-ciri skin barrier rusak ditandai dengan kondisi kulit yang kering, kasar, gatal-gatal, warnanya tidak merata, berjerawat, meradang, atau sering terkena infeksi.

Simak penjelasan beberapa jenis skincare untuk skin barrier rusak berikut.

Baca juga: 10 Ciri-ciri Skin Barrier Rusak yang Pantang Disepelekan

Skincare untuk skin barrier rusak

Ada beberapa jenis skincare yang cocok untuk memperbaiki skin barrier yang rusak, antara lain:

  • Pembersih dengan formula lembut

Dilansir dari Byrdie, polusi dan udara kotor bisa merusak skin barrier. Untuk itu, kulit membutuhkan pembersih yang bisa memberikan perlindungan ekstra agar ceramide dan minyak alami yang melindungi kulit tetap terjaga. Jadi, pilihlah pembersih dengan formula yang lembut di kulit.

Penggunaan produk eksfoliasi sampai obat jerawat berbasis asam, seperti retinol secara berlebihan, juga dapat membuat skin barrier rusak. Untuk itu, pastikan Anda mengimbangi perawatan kulit sehari-hari dengan pelembap yang tepat.

Pilih pelembap dengan bahan aktif ceramide, asam hialuronat, gliserin, dan petrolatum. Untuk pemilik kulit sensitif atau berjerawat, gunakan pelembap sulfur yang direkomendasikan dokter agar jerawat tidak semakin parah.

Bila kondisi kulit sangat kering, gunakan jenis pelembap kombinasi emolien (dimethicone, minyak jojoba, shea butters, mineral oil, petroleum jelly) dan humektan (AHA, panthenol, propilena, butilen glikol).

Baca juga: 8 Cara Memperbaiki Skin Barrier Rusak secara Alami dan Perawatan Tepat

  • Produk dengan kadar keasaman tepat

Tips memilih skincare untuk skin barrier yang rusak lainnya yakni gunakan produk dengan kadar keasaman atau pH antara 4 sampai 5. Kadar keasaman atau pH ini sesuai dengan pH alami kulit sekitar 4,7.

Sayangnya, Anda perlu cermat. Karena tidak semua produk perawatan kulit mencantumkan kadar keasaman di label kemasannya.

Demikian rekomendasi skincare untuk skin barrier rusak. Jika Anda tidak cocok menggunakan produk di atas, ada baiknya berkonsultasi ke dokter spesialis kulit yang biasanya menangani. Pastikan Anda juga mengimbangi perawatan kulit dengan gaya hidup sehat.

Baca juga: 7 Rekomendasi Bahan Produk Skincare untuk Jerawat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com