Kompas.com - 30/09/2022, 06:01 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah Anda merasakan atau mendapati orang yang mendadak atau sering kaget saat tidur?

Sering kaget saat tidur ini terkadang juga disertai jantung berdebar dan ngos-ngosan karena tiba-tiba terbangun di tengah-tengah istirahat.

Jika diperhatikan dengan seksama, kondisi ini biasanya muncul saat seseorang baru mulai tertidur.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Bruxism, Kebiasaan Menggertakkan Gigi Saat Tidur

Rasa kaget ini tak selalu menyebabkan seluruh tubuh tersentak. Terkadang hanya tangan, kaki, atau bagian tubuh tertentu yang merasakan sensasi seperti tiba-tiba kejang.

Simak penyebab kenapa sering kaget saat tidur dan cara mengatasinya berikut ini.

Kenapa sering kaget saat tidur?

Penyebab sering kaget saat tidur biasanya tidak berbahaya karena terkait pola tidur yang kurang tepat. Dilansir dari Vinmec, berikut beberapa di antaranya:

  • Posisi tidur tidak pas atau kurang nyaman. Kondisi ini menyebabkan tubuh dalam mode seperti terancam, sehingga otak memberikan respons dengan mengkode tubuh agar kejang atau tersentak
  • Stres berlebihan seperti saat sedang banyak pikiran, cemas, atau tekanan yang menumpuk
  • Efek samping minuman berkafein seperti kopi, teh, soda, coklat, dll.
  • Pola makan tidak sehat seperti mengonsumsi gorengan, makanan tinggi lemak, atau minuman beralkohol
  • Kekurangan kalsium, magnesium, atau vitamin B12
  • Olahraga berlebihan di malam hari

Di luar faktor di atas, alasan kenapa sering kaget saat tidur juga bisa terkait gangguan tidur.

Dilansir dari VerywellHealth, gangguan tidur apnea atau sindrom kaki gelisah juga bisa menyebabkan masalah tidur ini.

Baca juga: Apa itu Sleep Apnea?


Cara mengatasi sering kaget saat tidur

Mengingat penyebab sering kaget saat tidur umumnya tidak berbahaya, cara mengatasi masalah kesehatan ini biasanya tidak memerlukan tindakan medis khusus.

Anda cukup melakukan praktik tidur yang benar dan menerapkan gaya hidup sehat. Dilansir dari SleepFoundation, berikut beberapa di antaranya:

  • Coba tingkatkan kualitas tidur dengan disiplin menerapkan pola tidur dan bangun yang sama setiap hari, termasuk di hari libur atau akhir pekan. Hindari paparan cahaya dari gawai setidaknya sejam sebelum tidur. Buat tempat tidur yang nyaman dengan suhu tepat agar tidur lebih nyenyak
  • Upayakan untuk rutin olahraga setiap hari. Tak perlu berlama-lama, cukup 30 menit setiap hari. Waktu olahraga sebaiknya juga dipilih tidak terlalu dekat dengan jam tidur
  • Kelola stres dengan rajin meditasi, latihan relaksasi, pernapasan dalam, atau yoga agar pikiran lebih rileks. Anda juga perlu rutin menjalankan aktivitas yang menenangkan sebelum tidur seperti minum seduhan chamomile, mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik
  • Batasi atau minimalkan asupan berkafein seperti kopi, teh, cokelat, soda, dan minuman berenergi. Hindari minum minuman berkafein mepet dengan jadwal tidur, berikan jeda setidaknya enam jam sebelum tidur
  • Sebisa mungkin setop merokok, hindari paparan asap rokok, dan jangan atau batasi minum minuman keras

Demikian penjelasan kenapa sering kaget saat tidur dan cara mengatasinya. Jika Anda merasakan masalah kesehatan ini mengganggu aktivitas sehari-hari, disertai mengompol, lidah atau bagian dalam mulut tergigit, atau cedera, coba konsultasikan dengan dokter yang biasanya menangani.

Baca juga: Sering Menguap padahal Cukup Tidur Tanda Penyakit Apa?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.