Kompas.com - 30/09/2022, 10:30 WIB

KOMPAS.com - Minuman berpemanis sekarang ini sangat mudah untuk ditemukan di sekitar kita.

Apalagi sekarang ini minuman-minuman manis, seperti kopi atau teh dalam kemasan, sedang populer di kalangan anak muda.

Tanpa disadari, minuman tersebut mengandung gula yang sangat tinggi, bahkan hingga melebihi asupan gula harian yang disarankan.

Kondisi ini disoroti oleh Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives (CISDI) dan Forum for Young Indonesians (FYI) dalam diskusi bersama beberapa ahli untuk mendesak diberlakukannya regulasi Minuman Berpemanis Dalam Kemasan (MBDK).

Baca juga: Picu Banyak Penyakit, Konsumsi Minuman Berpemanis di Indonesia Tinggi

Diskusi ini dilakukan mengingat semakin sadarnya bahaya konsumsi MBDK untuk kesehatan dan telah dibuktikan dengan tanda tangan petisi oleh sebanyak lebih dari 8.500 warganet.

Diskusi ini dilakukan melalui Twitter Space dan mengambil judul “Janji Pahit Minuman Manis, Perlukah Cukai?” pada tanggal 29 September 2022.

Diskusi ini dihadiri oleh beberapa ahli, seperti Dra. Deksa Presiana, Apt, M.Kes (BPOM RI); dr. K.S. Denta (praktisi kesehatan); Olivia Herlinda (Direktur Kebijakan CISDI); Anita Sabidi (Persatuan Diabetes Indonesia Muda); dan Sudaryatmo (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia).

MBDK sendiri merupakan semua jenis minuman yang diberikan pemanis, baik yang alami dan buatan, baik yang cair maupun bubuk, seperti kopi, susu, jus instan, dan lain sebagainya.

Denta menjelaskan bahwa batasan aman konsumsi gula untuk orang dewasa adalah maksimal 25-36 gram per hari, anak dalam masa MPASI sebesar 5 persen dari total kalori harian, dan anak yang lebih besar yaitu 25 gram per hari.

Padahal sebagian besar MBDK yang beredar di pasaran untuk anak-anak memiliki kandungan gula lebih dari 25 gram

Baca juga: Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Minuman Berpemanis Dalam Kemasan

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.