Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/10/2022, 05:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Infeksi saluran kemih (ISK) umumnya terjadi karena ada bakteri yang masuk dan berkembang di saluran kemih melalui uretra.

Kondisi tersebut menyebabkan ketidaknyamanan berupa rasa sakit pada kandung kemih hingga komplikasi serius apabila infeksi sudah menyebar ke ginjal.

Orang yang mengalami ISK disarankan untuk segera bergegas mengunjungi layanan kesehatan demi mendapat tindakan yang tepat.

Baca juga: 6 Makanan dan Minuman Perlu Dihindari Penderita Infeksi Saluran Kemih

Melansir Healthline, perawatan ISK secara medis meliputi resep obat antibiotik, antivirus, atau antijamur.

Dalam kondisi tertentu, dokter juga menyarankan terapi menggunakan kimia sel untuk mengubah interaksi antara tubuh dan bakteri.

Selain perawatan dan pengobatan dari dokter, Anda dapat mencoba cara alami untuk meredakan dan mengatasi rasa sakit akibat infeksi saluran kemih.

1. Cukupi kebutuhan air

Hal pertama yang harus dilakukan ketika Anda mengalami infeksi saluran kemih adalah minum banyak air.

Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK), air yang Anda minum dapat membantu menghilangkan bakteri yang menyebabkan infeksi.

Sayangnya, kebanyakan orang mengambil air untuk diminum hanya ketika mereka merasa haus. Oleh sebab itu, untuk mengatasi ISK serta menjaga agar tetap terhidrasi, usahakan minum 8 gelas (2 liter) air dalam sehari.

Baca juga: Penggunaan Kateter Jangka Panjang Dapat Sebabkan Infeksi Saluran Kemih

2. Perbanyak vitamin C

Konsumsi makanan serta suplemen vitamin C dapat membuat urine menjadi lebih asam sehingga menghambat pertumbuhan bakteri di saluran kemih Anda.

Namun, jika kondisi ISK cukup parah, Anda mungkin disarankan untuk tidak terlalu banyak konsumsi jeruk serta makanan asam lainnya karena dapat mengiritasi kandung kemih.

3. Redakan sakit dengan bantal hangat

Peradangan dan iritasi dari ISK menyebabkan rasa terbakar, tekanan, dan nyeri di sekitar kemaluan. Kondisi ini tentu mengakibatkan ketidaknyamanan, bahkan mengganggu aktivitas.

Melansir Everyday Health, Anda dapat menggunakan bantal hangat untuk meredakan rasa sakit di area tersebut.

Amati pengaturan suhu agar tidak terlalu panas dan gunakan maksimal 15 menit demi menghindari luka bakar. Anda juga disarankan untuk tidak meletakkan langsung bantal tersebut di atas permukaan kulit.

4. Konsumsi makanan sehat

Bila Anda menderita ISK, segeralah menjauhi makanan dan minuman yang mengandung kafein, alkohol, makanan pedas, nikotin, minuman berkarbonasi, dan pemanis buatan karena dapat mengiritasi kandung kemih.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com