Kompas.com - 01/10/2022, 05:00 WIB

KOMPAS.com - Infeksi saluran kemih (ISK) umumnya terjadi karena ada bakteri yang masuk dan berkembang di saluran kemih melalui uretra.

Kondisi tersebut menyebabkan ketidaknyamanan berupa rasa sakit pada kandung kemih hingga komplikasi serius apabila infeksi sudah menyebar ke ginjal.

Orang yang mengalami ISK disarankan untuk segera bergegas mengunjungi layanan kesehatan demi mendapat tindakan yang tepat.

Baca juga: 6 Makanan dan Minuman Perlu Dihindari Penderita Infeksi Saluran Kemih

Melansir Healthline, perawatan ISK secara medis meliputi resep obat antibiotik, antivirus, atau antijamur.

Dalam kondisi tertentu, dokter juga menyarankan terapi menggunakan kimia sel untuk mengubah interaksi antara tubuh dan bakteri.

Selain perawatan dan pengobatan dari dokter, Anda dapat mencoba cara alami untuk meredakan dan mengatasi rasa sakit akibat infeksi saluran kemih.

1. Cukupi kebutuhan air

Hal pertama yang harus dilakukan ketika Anda mengalami infeksi saluran kemih adalah minum banyak air.

Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK), air yang Anda minum dapat membantu menghilangkan bakteri yang menyebabkan infeksi.

Sayangnya, kebanyakan orang mengambil air untuk diminum hanya ketika mereka merasa haus. Oleh sebab itu, untuk mengatasi ISK serta menjaga agar tetap terhidrasi, usahakan minum 8 gelas (2 liter) air dalam sehari.

Baca juga: Penggunaan Kateter Jangka Panjang Dapat Sebabkan Infeksi Saluran Kemih

2. Perbanyak vitamin C

Konsumsi makanan serta suplemen vitamin C dapat membuat urine menjadi lebih asam sehingga menghambat pertumbuhan bakteri di saluran kemih Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.