Kompas.com - 30/09/2022, 22:00 WIB

KOMPAS.com - Penis merupakan alat kelamin pria yang berada di luar tubuh (organ eksternal). Meski berada di luar tubuh, penis merupakan organ vital sehingga ada beberapa fakta tentang anggota tubuh ini yang tidak diketahui para wanita.

Sejauh ini, Anda mungkin mengetahui bahwa penis yang dimiliki pria memiliki dua fungsi yaitu sebagai saluran keluarnya air mani (sperma) serta air seni (urine).

Selain mengenai fungsi, penis ternyata memiliki beberapa fakta terkait ukuran, orgasme, hingga ereksi yang mungkin belum Anda ketahui.

Baca juga: 8 Penyebab Penis Berjerawat

1. Penis bisa mencapai 15 cm saat ereksi

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sex & Marital Therapy, panjang penis saat ereksi berkisar antara 13-15 cm.

Namun, ada beberapa pria yang memiliki panjang penis hingga 18 cm saat mengalami ereksi.

Sementara itu, saat dalam keadaan normal atau tidak ereksi, penis pria memiliki panjang rata-rata 9 cm.

Perlu dicatat, tidak ada korelasi antara besar penis sebelum dan ketika ereksi. Artinya, pria yang memiliki penis pendek belum tentu tak menunjukkan perubahan ketika sedang ereksi.

2. Orgasme pria lebih singkat dari wanita

Dilansir dari Health, wanita umumnya mampu merasakan orgasme selama 20 detik. Hal ini membuat wanita memiliki waktu orgasme lebih lama dibanding para pria.

Michael Reitano, MD, dokter reproduksi pria di Roman kepada Health, menyebutkan bahwa pria hanya merasakan orgasme selama enam detik.

3. Merokok membuat ukuran penis berkurang saat ereksi

Bahaya dari kebiasaan merokok seolah tak ada habisnya. Merokok ternyata bisa meracuni penis dan mengakibatkan organ reproduksi pria menjadi lebih pendek saat ereksi.

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.