Kompas.com - 05/10/2022, 13:30 WIB

KOMPAS.com - Di Indonesia, obat herbal masih sangat dipercaya oleh masyarakat untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Alasannya adalah harga yang terjangkau hingga dianggap lebih aman dibanding obat pabrikan.

Dengan kepercayaan yang begitu besar ini, ada banyak pengolahan obat herbal di berbagai daerah dari skala rumahan hingga pabrikan. Salah satu yang Kompas.com temui baru-baru ini adalah Arih Ersada, dari Tanah Karo.

Beragam herba diolah sekelompok ibu yang tergabung dalam kelompok tanaman Arih Ersada.

Baca juga: Menyimak Pengolahan Herba Menjadi Obat Tradisional Khas Karo

Kelompok tanaman obat di Desa Batu Jongjong, Bahorok, Langkat, Sumatera Utara ini terdiri dari sembilan ibu rumah tangga.

Arih Ersada sendiri berarti satu kesatuan dalam kelompok, tidak tersebar, menurut penuturan Niati boru Marbun, ketua Arih Ersada.

Ia menyampaikan, kelompok pembuat obat herbal Arih Ersada ini mulai berdiri pada September 2021.

Tujuannya adalah untuk menambah pemasukkan, terlebih selama masa pandemi Covid-19 yang berdampak langsung pada perekonomian keluarga.

Niati dan delapan ibu lainnya tidak berdiri sendiri. Kelompok tanaman obat herbal ini pertama kali digagas oleh Yayasan Sumatera Hijau Lestari (SHL).

"Kami bimbingan SHL. Jadi yang mengurus izin edar BPOM pun mereka," kata Niati saat ditemui Kompas.com di rumah sekaligus tempat produksi obat herbal di Batu Katak pada Jumat (23/9/2022).

Sementara untuk pemasaran produk, Niati dibantu anaknya yang merupakan pemandu wisata di Batu Katak.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.