Kompas.com - 30/10/2022, 16:31 WIB

KOMPAS.com - Kulit kering kerap membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Apalagi, jika kondisi kulit nampak bersisik atau mengelupas dan disertai gatal-gatal.

Dilansir dari Everyday Health, kulit kering disebabkan oleh gangguan penghalang kulit dan disfungsi atau kekurangan lemak sehat yang diperlukan di lapisan atas kulit.

Lapisan atas kulit biasanya terdiri dari sel-sel mati dan kelembapan alami untuk menjaga agar kulit tetap lembut dan halus.

Baca juga: Cara Mengatasi Kulit Terbakar dan Mengelupas Akibat Sengatan Matahari

Namun, kurangnya air di lapisan atas sel kulit akhirnya mengakibatkan minyak pelindung berkurang dan kulit pun menjadi kering.

Selain kurangnya kelembapan atau tidak terhidrasi, ada beberapa penyebab kulit kering lainnya yang mungkin tidak Anda sadari.

1. Parfum atau wewangian memperburuk kulit yang kering

Aroma memiliki kecenderungan dalam mengiritasi atau memperburuk kulit yang kering. Hal itu karena wewangian adalah penyebab umum dari dermatitis kontak alergi.

Jadi, lakukan tes sebelum menggunakan deodoran, parfum, atau produk perawatan kulit lainnya. Jika tidak ada produk tester, Anda dapat membaca label komposisi dan usahakan pilih yang non-parfum.

2. Sabun dapat menyerap kelembapan kulit

Sabun, deterjen, dan sampo dapat mengurangi kelembapan kulit tubuh dan kepala karena diformulasikan untuk menghilangkan minyak.

Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati saat memilih sabun muka, bodywash, atau deterjen. Bahan-bahan yang keras akan membuat kulit gampang kering dan mengelupas.

 

3. Genetika

Penyebab kulit kering bukan hanya karena sabun atau produk perawatan lainnya. Beberapa orang mungkin memiliki kulit kering karena faktor genetik atau keturunan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.