Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/11/2022, 06:00 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Jantung merupakan organ vital yang kesehatannya perlu selalu dijaga. Tapi, seperti yang kita ketahui pula, jantung sebagian besar terdiri dari otot.

Padahal, otot sendiri dapat semakin kuat dan sehat jika menerapkan gaya hidup aktif. Artinya, salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah dengan menerapkan gaya hidup aktif dan rutin berolahraga.

Baca juga: 8 Rekomendasi Olahraga Pagi untuk Menurunkan Berat Badan

Merangkum dari WebMD, orang yang tidak atau jarang melakukan olahraga hampir dua kali lebih mungkin terkena penyakit jantung dibanding orang dengan gaya hidup aktif.

Hal ini berarti, menghindari gaya hidup kurang gerak perlu dilakukan sejak muda. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan olahraga rutin.

Asosiasi Ahli Penyakit Jantung Amerika Serikat (AHA) merekomendasikan setidaknya orang dewasa melakukan olahraga 150 menit per minggu dengan intensitas sedang .

Tapi, olahraga apa ya yang paling baik untuk jaga kesehatan jantung? Berikut beberapa rangkuman jenis olahraga terbaik untuk kesehatan jantung.

1. Yoga

Melansir dari UPMC, yoga menjaga jantung tetap sehat dengan meningkatkan sirkulasi dan aliran darah.

Sebagai manfaat tambahan, yoga diketahui juga dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol, kadar gula darah, dan detak jantung.

2. Jalan kaki cepat

Jika Anda mencari olahraga yang baik untuk kesehatan jantung yang mudah, murah, dan dapat dilakukan di mana saja; jalan kaki cepat adalah jawabannya.

Dikutip dari WebMD, Anda cukup melakukan jalan kaki cepat selama 30 menit, 5 kali dalam seminggu untuk menjaga jantung tetap sehat.

Baca juga: Apa yang Terjadi Jika Kita Jarang Olahraga?

3. Lari

Orang yang rutin melakukan olahraga lari memiliki kemungkinan 45 persen lebih rendah meninggal akibat serangan jantung atau stroke dibanding orang yang tidak melakukan olahraga ini.

Selain itu, lari dapat memperkuat otot jantung, meminimalkan kerja jantung, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Bersepeda

Dikutip dari Better Health, bersepeda dapat memperkuat otot jantung, menurunkan detak jantung, dan menghilangkan kadar lemak dalam darah.

Penelitian juga menunjukkan bahwa bersepeda secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit jantung bahkan hingga 50 persen.

5. Berenang

Dikutip dari Harvard Health, berenang memiliki manfaat untuk membantu sirkulasi oksigen pada tubuh lebih efisien. Hal ini membuat detak jantung dan napas lebih melambat.

Dilansir dari Orlando Health, rutin melakukan olahraga renang membuat jantung terbiasa memompa darah dengan lebih efisien.

Baca juga: 3 Jenis Olahraga untuk Membakar Lemak Perut

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com