Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2022, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan Covid-19 subvarian Omicron BN.1 telah terdeteksi di Indonesia.

Dilansir dari Antara, Covid-19 BN.1 kali pertama terdeteksi di Kepulauan Riau, Jumat (16/9/2022) dan kini dilaporkan mencapai angka 20 kasus yang tersebar di berbagai wilayah.

Baca juga: Kasus Positif Covid-19 Alami Kenaikan, Akibat Varian Omicron XBB?

Di antaranya sembilan kasus di DKI Jakarta, lima kasus di Jawa Tengah, tiga kasus di Kepulauan Riau, dan masing-masing satu kasus di Kalimantan Barat, serta Kalimantan Selatan.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyatakan, Omicron BN.1 ini berbeda dengan yang lainnya dan masih dimonitor.

"Masih belum ada data yang lebih lengkap mengenai apakah subvarian ini akan menyebabkan peningkatan kasus di Indonesia atau tidak," jelas dia.

Selain di Indonesia, Covid-19 baru ini sebelumnya telah terdeteksi di AS dan beberapa negara lainnya. 

Gejala Covid-19 BN.1

Dilansir dari Fortune Well, gejala Covid baru ini mirip dengan subvarian omicron yang lainnya. Beberapa gejala Covid BN.1 yang akan muncul, seperti:

  • Pilek atau hidung tersumbat
  • Sakit tenggorokan
  • Sakit kepala
  • Batuk
  • Kelelahan
  • Nyeri otot atau terasa sakit di seluruh tubuh
  • Demam

Sebagian besar gejala Covid-19 BN.1 yang timbul akan mirip dengan flu biasa, sehingga Anda disarankan untuk segera melakukan tes Covid-19 jika mengalami gejala yang serupa.

Baca juga: Manfaat Vaksin Covid-19 untuk Atasi Subvarian Omicron XBB

Karakteristik dan ciri-ciri Covid-19 BN.1

Subvarian Omicron BN.1 masih dimonitor perkembangannya sehingga belum banyak data mengenai keparahan dan kemampuan penularan yang ditemukan.

Namun, Nadia menyebutkan bahwa Subvarian ini memiliki kemampuan immune escape yang membuatnya bisa menginfeksi orang yang sama berkali-kali.

Karena tanda Covid BN.1 ini masih belum diketahui secara pasti, Nadia tetap mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan melakukan vaksinasi.

Diimbau juga untuk segera melakukan tes Covid-19 atau mengunjungi fasilitas kesehatan ketika mengalami gejala Covid-19 BN.1 di atas.

Baca juga: Bagaimana Cara Mencegah Omicron XBB? Berikut Penjelasan Kemenkes

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+