Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/01/2023, 12:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menjelaskan manfaat  perlunya vaksi booster Covid-19 kedua kepada masyarakat.

Diketahui, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemkes RI) telah menyiapkan vaksin booster kedua untuk melindungi masyarakat dari penyebarn virus Covid-19.

Baca juga: 7 Jenis Vaksin Covid-19 Booster Kedua untuk Masyarakat Umum

Vaksin booster kedua bisa didapatkan oleh masyarakat umum berusia 18 tahun ke atas dalam rentang waktu 6 bulan atau lebih setelah dosis pertama.

Pentingnya vaksin booster Covid-19 kedua menurut IDI

Ketua Satgas Covid-19 PB IDI Dr. dr. Erlina Burhan, Sp. P (K), M.Sc, menjelaskan manfaat penting vaksin booster kedua dalam melindungi masyarakat dari penularan dan kondisi parah akibat Covid-19.

Erlina menyebut bahwa vaksinasi penguat kedua harus tetap dilakukan masyarakat mengingat antibodi seseorang bisa menurun seiring berjalannya waktu.

Vaksinasi saat ini juga bukan lagi mencegah infeksi, melainkan menghindari terjadinya derajat keparahan saat seseorang terinfeksi.

"Kemungkinan besar antibodi yang didapatkan dari infeksi alamiah atau dari sakit Covid-19 itu kemudian juga akan menurun seiring dengan waktu. Oleh sebab itu, yuk di-booster untuk meningkatkan kembali level proteksi," ujar Erlina, seperti dikutip dari Antara, Kamis (26/01/22).

Erlina juga mengingatkan bahwa sebaran virus Covid-19 kerap tidak terduga dan akan selalu bermutasi. Hal tersebut yang menyebabkan lonjakan kasus di beberapa negara lain, seperti China dan Jepang.

"Di negara-negara yang begitu ketat (protokol kesehatannya seperti China dan Jepang), tetapi memang unpredictable banget karena virusnya selalu evolving, selalu berubah, bermutasi," kata Erlina.

 

Saat ini pemerintah memang sudah mencabut kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Namun, masyarakat sebaiknya tetap melindungi diri dengan melengkapi dosis vaksin Covid-19, termasuk booster kedua. Masyarakat sebaiknya juga tetap mengenakan masker di tempat umum dan di dalam ruangan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com