Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Bunga Telang Bisa Langsung Dimakan? Ini Penjelasannya...

Kompas.com - 20/05/2024, 14:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Bunga telang kerap diolah menjadi teh dan diminum untuk mendukung kesehatan. Namun, apakah bunga telang bisa langsung dimakan?

Ternyata, bunga telang segar aman dikonsumsi langsung, asal tidak berlebihan dan sebaiknya dikonsultasikan dahulu dengan dokter atau ahli gizi.

Untuk mengetahui lebih lanjut apakah bunga telang bisa langsung dimakan, simak penjelasan berikut.

Baca juga: Bunga Telang Bisa Menyembuhkan Penyakit Apa Saja? Berikut 10 Daftarnya

Apakah bunga telang bisa langsung dimakan?

Dilansir dari MedicineNet, bunga telang termasuk tumbuhan edible atau bisa langsung dimakan mentah-mentah asal sudah dibersihkan dan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Terlebih, saat ini kita dapat menjumpai bunga telang mentah yang digunakan sebagai topping minuman, seperti mocktail dan jus atau pada makanan, misalnya cake.

Namun, bunga telang umumnya diolah menjadi teh. Dikutip dari Yankes Kemkes, teh bunga telang dapat dibuat dengan cara menyeduh ekstrak bunga telang.

Anda juga dapat merendam bunga telang (segar maupun kering) dalam air panas.

Setelah air berubah warna menjadi kebiruan dan tidak terlalu panas, Anda dapat langsung mengonsumsi minuman herbal tersebut.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan es batu, air perasan lemon, atau madu ke dalam air rendaman bunga telang.

Meski demikian, Anda disarankan tidak mengonsumsi bunga telang berlebihan. Pasalnya, makan atau minum bunga telang berlebihan dapat memicu mual dan gangguan pencernaan lainnya.

Selain itu, bahan herbal ini mungkin juga dapat memicu alergi pada sebagian orang.

Baca juga: Apa Efek Samping dari Bunga Telang? Ini Penjelasannya...

Apa saja nutrisi bunga telang?

Bunga telang adalah salah satu bahan herbal yang bagus untuk tubuh. Manfaat bunga telang, yaitu mendukung pertumbuhan rambut, mengatasi jerawat, menurunkan tekanan darah, mengatasi gangguan pernapasan, dan mencegah pertumbuhan sel kanker. 

Dilansir dari Healthline, bunga telang kaya akan senyawa antosianin yang disebut ternatin. Senyawa ternatin ini memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-kanker.

Selain itu, tanaman herbal ini mengandung beberapa antioksidan lain, termasuk:

  • Kaemphferol: senyawa yang dapat mencegah penyebaran dan membunuh sel kanker.
  • Asam p-kumarat: senyawa yang memiliki efek anti-inflamasi, antimikroba, dan antivirus yang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit.
  • Delphinidin-3,5-glucoside: antioksidan yang dapat membantu merangsang fungsi kekebalan tubuh dan melemahkan sel kanker kolorektal.

Karena mengandung senyawa yang baik untuk kesehatan, bunga telang juga digunakan sebagai bahan tambahan kosmetik, produk perawatan kulit, dan pewarna alami makanan dan minuman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com