Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lembar Daun Salam untuk Mengobati Asam Urat dan Kolesterol?

Kompas.com - 20/05/2024, 10:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Daun salam mengandung senyawa aktif yang dapat membantu menurunkan asam urat dan kolesterol tinggi. Lantas, berapa lembar daun salam untuk mengobati asam urat dan kolesterol?

Agar asam urat dan kolesterol turun, Anda dapat menyiapkan beberapa 10-25 lembar daun salam untuk membuat minuman herbal ini.

Nah, untuk mengetahui cara membuat air rebusan daun salam untuk mengobati asam urat dan kolesterol, simak ulasan berikut.

Baca juga: Manfaat Daun Salam untuk Apa Saja? Berikut 17 Daftarnya

Berapa lembar daun salam untuk mengobati asam urat dan kolesterol?

Asam urat dan kolesterol adalah keluhan umum yang dialami lansia. Meski begitu, siapa pun bisa memiliki asam urat dan kolesterol tinggi akibat pola makan yang tidak tepat.

Seseorang yang memiliki asam urat tinggi dan kolesterol dianjurkan untuk menghindari makanan pemicunya, olahraga rutin, serta berobat ke dokter.

Selain itu, individu dengan asam urat dan kolesterol tinggi dapat mencoba cara alami, salah satunya dengan olahan daun salam.

Berikut cara mengatasi asam urat dan kolesterol menggunakan daun salam:

  • Daun salam untuk asam urat

Dilansir dari Yankes Kemkes, daun salam dapat menurunkan asam urat tinggi karena mengandung senyawa aktif kuersetin, miristin, dan mirisetin.

Flavonoid dan tanin pada daun salam juga dapat mengikat enzim xantin oksidase.

Hal itu dapat menghambat pembentukan asam urat dari makanan berpurin yang kita konsumsi, seperti jeroan, daging merah, dan makanan manis.

Baca juga: Berapa Lembar Daun Salam Direbus untuk Menurunkan Gula Darah?

Nah, Anda dapat menyiapkan 10-25 lembar daun salam serta 10 gelas air untuk membuat rebusan herbal ini.

Kemudian rebus air ke dalam panci dan tunggu sampai mendidih, lalu masukkan daun salam. Setelah itu tunggu beberapa menit sampai air menyusut setengahnya.

Setelah itu, saring air rebusan daun salam agar daun tidak tertelan. Selanjutnya, Anda dapat minum air rebusan daun salam untuk mengatasi asam urat tinggi.

  • Daun salam untuk kolesterol

Dikutenyawa aktif yaitu flavonoid yang terkandung pada daun salam juga dapat menurunkan kolesterol dengan mencegah oksidasi kolesterol jahat (low density lipoprotein atau LDL).

Dalam hal ini, minum air rebusan daun salam bisa juga mencegah pengendapan lemak pada dinding pembuluh darah sehingga seseorang terhindar dari risiko penyakit jantung.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat merebus 10-15 lembar daun salam kering dengan tiga gelas air.

Setelah air rebusan mendidih atau matang, pastikan untuk menyaring dan mendinginkannya sebelum dikonsumsi.

Baca juga: Siapa Saja yang Tidak Boleh Minum Air Rebusan Daun Salam?

Selain itu, Anda bisa mengeringkan daunnya dan menjadikannya bubuk, kemudian mengonsumsinya secara rutin dengan menambahkan satu sendok teh menjadi dua ke dalam 200 mililiter (ml) air matang.

Meski demikian, sebelum menggunakan daun salam untuk mengobati asam urat tinggi dan kolesterol, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com