Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Pyridam Farma dan Medomics Luncurkan Alat Diagnostik Vulvovaginitis Berbentuk Rapid Test

Kompas.com - 04/06/2024, 15:24 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com – Pyridam Farma dan Medomics menghadirkan produk healthcare inovatif, yaitu alat diagnostik vulvovaginistis dalam bentuk rapid test. Menggunakan alat ini, penyebab vulvovaginitis dengan gejala fluor albus (keputihan), baik yang berasal dari bakteri, kandida, maupun parasite, dapat diketahui dalam waktu 15 menit.

Produk yang diberi nama Candida Albicans (CA), Trichomonas Vaginalis (TV), Gardnerella Vaginalis (GV) Antigen Combo Test Kit tersebut memberikan tingkat sensitivitas sampai 97 persen dan spesifisitas sampai 96 persen.

Sebagai informasi, vulvovaginitis adalah kelainan ginekologis utama yang ditemukan pada kelompok perempuan usia produktif. Keluhan ini sering terjadi berupa fluor albus (keputihan), bau tidak nyaman, nyeri, gatal dan iritasi pada kulit sekitar alat kelamin (Mojgan Tanzas dkk. 2021).

Baca juga: 6 Penyebab Keputihan Berlebihan, Wanita Perlu Tahu

Penyebab infeksi paling umum adalah bakteri vaginosis, mikroorganisme aerobik, dan kandidiasis. Setidaknya, 75 persen perempuan mengalami kandidiasis vulvovaginal sekali seumur hidupnya (Felix, dkk. 2020) dan menurut penelitian terhadap 492 perempuan Indonesia usia 15-50 tahun, prevalensi bakterial vaginosis adalah 30,7 persen (Ocviyanti, dkk. 2010).

Mudah digunakan

Alat diagnostik yang dikeluarkan Pyridam Farma dan Medomics kini sudah tersedia di rumah sakit atau klinik. Cara penggunaannya tergolong mudah, yakni seperti penggunaan rapid test pada umumnya.

Meski demikian, penggnaannya mesti diawasi dan disupervisi oleh tenaga kesehatan, seperti dokter baik dokter umum (GP), dokter spesialis Obgyn, Urologi, dan atau SpKK.

Cara kerjanya, tenaga kesehatan cukup mengambil sekret vagina menggunakan stik swab, lalu dimasukan ke dalam tabung yang berisi dilution buffer. Cairan tersebut kemudian diteteskan ke cassette rapid test.

Baca juga: Mengapa Keputihan Encer? Simak Penjelasan Berikut...

Perlu diketahui, tes tersebut bersifat kualitatif dan hasilnya dapat dilihat dalam waktu 15 menit. Indikator berupa garis merah pada cassette akan muncul secara spesifik di titik indikator yang menunjukkan penyebab infeksi vulvovaginitis.

Indikator garis merah akan muncul pada titik indikator CA apabila penyebab yang teridentifikasi adalah Candida Albicans, begitu juga hal nya dengan TV, dan GV.

“Kami bangga bisa bersinergi dengan Medomics untuk menghadirkan alat tes diagnostik ini demi mendukung kesehatan reproduksi wanita Indonesia. Alat ini dapat membantu dokter sebagai penunjang untuk menegakkan diagnosa dan pemberian terapi yang tepat sehingga penatalaksanaan penyakit khususnya vulvovaginitis dapat lebih efektif dan efisien,” ujar Direktur Pyridam Farma dr Widjanarko Brotosaputro dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (4/6/2024).

dr Widjanarko menambahkan bahwa pengerjaan tes diagnostik vulvovaginitis dengan gejala utama fluor albus dengan rapid test lebih praktis karena tidak perlu dilakukan di lab yang umumnya membutuhkan waktu lebih lama.

Ke depannya, Pyridam Farma terus akan menjalin sinergi dengan mitra terkemuka guna menghadirkan produk-produk inovatif untuk memajukan kesehatan masyarakat Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com