Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rebusan Daun Sirih untuk Mengobati Apa Saja? Berikut 6 Daftarnya

Kompas.com - 25/06/2024, 19:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

 

KOMPAS.com - Anda mungkin sudah tidak asing dengan daun sirih. Ya, tanaman yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain ini sering dijadikan bahan herba untuk meningkatkan kesehetan.

Daun sirih biasanya digunakan langsung untuk mengatasi kondisi, seperti luka atau nyeri. Namun, ada pula yang mengonsumsi rebusan daun sirih untuk mengobati atau meredakan penyakit tertentu.

Simak penjelasan berikut untuk mengetahui, manfaat rebusan daun sirih.

Baca juga: Apa Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan? Berikut 10 Daftarnya

Rebusan daun sirih untuk mengobati apa saja?

Disarikan dari Pharmeasy dan Netmeds, berikut penyakit atau yang bisa diatasi atau diredakan dengan konsumsi rebusan daun sirih:

  • Infeksi saluran pernapasan

Merebus beberapa lembar daun sirih yang dicampur dengan jahe dan madu dapat meredakan peradangan di tenggorokan, gatal tenggorokan, dan mengencerkan dahak di saluran pernapasan.

Potensi manfaat ini diperoleh dari kandungan vitamin B, C, alkaloid, senyawa antibakteri, dan antiinflamasi yang terkandung pada daun sirih.

  • Radang sendi

Kandungan polifenol pada daun sirih dapat memberi perlindungan ganda dari kuman sekaligus mengobati radang sendi.

Selain minum rebusannya, Anda juga dapat membubuhkan daun sirih yang sudah ditumbuk pada bagian yang nyeri.

  • Sakit gigi

Rebusan daun sirih juga dapat membasmi kuman dan bakteri penyebab sakit gigi. Untuk mendapat manfaat ini, Anda cukup berkumur dengan rebusan daun sirih.

Biasanya, nyeri pada gigi mulai berkurang dalam satu jam. Setelah 2-3 jam, nyeri gigi biasanya sudah hilang. Namun, masalah gigi yang dialami setiap orang berbeda-beda, jadi ada baiknya tetap berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan perawatan yang pas.

Selain mengatasi sakit gigi, daun sirih juga dapat menghilangkan bau mulut, menghentikan perdarahan pada gusi, dan mencegah gusi bengkak.

Baca juga: Apakah Daun Sirih Bisa Menyembuhkan Mimisan? Ini Kata Dokter...

  • Maag

Daun sirih dapat digunakan untuk mengatasi sakit maag karena sifat gastroprotektifnya.

Karena karakteristik antioksidannya, daun sirih juga dapat meningkatkan aktivitas enzimatik yang bermanfaat untuk meringankan keluhan tukak lambung.

  • Diabetes

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa bubuk daun sirih yang bisa diolah menjadi suplemen maupun teh, berpotensi menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Hal ini karena kandungan antioksidan yang berperan melawan stres oksidatif dan menurunkan peradangan akibat glukosa darah yang tidak terkontrol dan mendukung pengelolaan diabetes melitus.

  • Depresi

Minum rebusan daun sirih juga diklaim dapat melawan depresi sekaligus meningkatkan suasana hati.

Senyawa fenolik aromatik pada daun sirih disebut dapat merangsang pelepasan katekolamin yang meningkatkan mood.

Meskipun beberapa penelitian menunjukkan manfaat minum rebusan daun sirih untuk mengobati penyakit tertentu, masih diperlukan studi lebih lanjut untuk memastikan khasiat tersebut.

Anda juga perlu berkonsultasi dahulu dengan dokter dan ahli gizi apabila ingin mengonsumsi rebusan daun sirih dan olahan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com