Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan? Berikut 10 Daftarnya

Kompas.com - 14/06/2024, 18:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Daun sirih merupakan bahan alami populer yang mengandung antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba. Lantas, apa manfaat daun sirih untuk kesehatan?

Sering digunakan sebagai penambah rasa, aroma, dan pengawet makanan, daun sirih rupanya memiliki aneka manfaat untuk kesehatan.

Potensi manfaat daun sirih yaitu mengatasi infeksi jamur, meredakam sakit kepala, mengatasi diabetes, dan mencegah kanker.

Untuk mengetahui manfaat daun sirih lainnya, simak ulasan berikut.

Baca juga: Apakah Daun Sirih Bisa Menyembuhkan Mimisan? Ini Kata Dokter...

Apa manfaat daun sirih?

Disarikan dari Sciencedirect dan Pharmeasy, berikut manfaat daun sirih untuk kesehatan:

  • Meredakan sakit kepala

Daun sirih memiliki sifat analgesik atau pereda sakit sehingga kerap dipakai untuk meredakan sakit kepala.

Untuk mengurangi sakit kepala, Anda dapat menumbuk daun sirih kemudian tempelkan pada area kepala yang sakit untuk memberi sensasi dingin dan mengurangi sakit pada kepala.

  • Mengatasi infeksi jamur

Daun sirih dapat digunakan untuk mengatasi infeksi jamur karena mengandung senyawa bioaktif polifenol terutama chavicol yang dapat menghambat pertumbuhan jamur.

Daun sirih dapat digunakan secara topikal pada kulit maupun sebagai obat kumur jika seseorang mengalami infeksi jamur dan peradangan di area mulut.

Daun sirih juga kerap digunakan sebagai pertolongan pertama untuk meringankan nyeri akibat gigi berlubang, plak, dan kerusakan gigi lainnya.

  • Meredakan maag

Manfaat daun sirih selanjutnya yaitu meredakan maag.

Karena karakteristik antioksidannya, daun sirih dapat meningkatkan aktivitas enzimatik yang bermanfaat untuk meredakan maag dan tukak lambung.

Daun sirih juga dapat meningkatkan kandungan lendir pada lapisan lambung serta menghambat kenaikan asam lambung yang memicu maag, gerd, serta tukak lambung.

  • Meringankan sembelit

Kandungan antioksidan dalam daun sirih dapat mengembalikan pH normal dalam tubuh sekaligus melancarkan pencernaan dan meringankan sembelit.

Untuk mengatasi sembelit dan melancarkan buang air besar, Kamu dapat menumbuk daun sirih, lalu rendam ke dalam air selama semalaman. Kemudian, minum air rendaman daun sirih keesokan harinya sebelum sarapan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com