Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/07/2024, 14:00 WIB
Khairina

Penulis

KOMPAS.com- Saat mengunjungi Madinah, Arab Saudi, jangan lupa mencicipi susu unta. Kedai susu unta kemasan itu terletak di kawasan Madinah for The World, dekat pintu 333 Masjid Nabawi.

KOMPAS.com sempat mencicipi susu unta dengan varian rasa plain. Terasa lebih “ringan” di lidah, tidak terlalu berlemak jika dibandingkan dengan susu sapi namun tetap gurih.

Ternyata, susu unta telah diminum selama berabad-abad oleh masyarakat Timur Tengah, Asia, dan Afrika.

Baca juga: Susu Unta Bisa Jadi Minuman Paling Penting di Dunia, Kenapa?

Seperti dilansir WebMD, sekitar 5,3 juta ton susu unta diproduksi di seluruh dunia setiap tahunnya, sebagian besar berasal dari Somalia.

Tidak seperti jenis susu lainnya, susu unta memiliki kadar gula dan kolesterol yang rendah serta kandungan vitamin dan mineral yang tinggi, seperti kalium, zat besi, tembaga, magnesium, vitamin C, dan kalsium.

Susu unta juga mengandung antioksidan yang tinggi, yang membantu mencegah kerusakan pada sel-sel yang dapat menyebabkan penyakit serius seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Susu ini juga mengandung beberapa vitamin dan mineral, termasuk:
Vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, kalsium, serta kalium

Satu cangkir susu unta mengandung 110 kalori, 5 gram protein, 4,6 gram lemak, 3 gram lemak jenuh, 11 gram karbohidrat, dan 8 gram gula

Manfaat kesehatan

Susu unta adalah bahan alami yang paling dekat dengan ASI manusia. Seperti halnya ASI yang melindungi bayi yang baru lahir dari berbagai masalah kesehatan, susu unta dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk:

1.Aman dari alergi susu.

Bagi mereka yang memiliki alergi, susu unta dapat menjadi alternatif yang aman. Susu unta mengandung protein yang berbeda dari produk susu lainnya - protein yang tidak memicu respons kekebalan tubuh. Susu unta juga dapat membantu mengatasi alergi makanan lain pada anak-anak.

2. Menurunkan kemungkinan diabetes.

Para peneliti mempelajari sebuah komunitas di India yang tidak memiliki kasus diabetes dan menyimpulkan bahwa hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh konsumsi susu unta secara teratur.
Susu unta melindungi dari diabetes dan memperbaiki gejalanya dengan mengontrol kadar gula darah, mengurangi gula darah puasa, mengurangi resistensi insulin, dan menurunkan kolesterol.

Baca juga: Apa Saja Khasiat Susu Unta?

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sifat antimikroba

Susu unta mengandung senyawa yang dapat membantu melindungi tubuh dari organisme penyebab penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh. Protein seperti laktoferin dan imunoglobulin berkontribusi pada fungsi peningkatan kekebalan tubuh ini.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com