Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Afrika Bersiap Umumkan Status Mpox Jadi Darurat Benua

Kompas.com - 10/08/2024, 14:25 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber Reuters,NPR

KOMPAS.com - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) Afrika bersiap untuk meningkatkan status monkeypox (Mpox) atau cacar monyet segera.

Dilansir dari NPR pada Jumat (9/8/2024), CDC Afrika mengatakan bahwa pihaknya akan mengumumkan status Mpox menjadi "darurat kesehatan masyarakat yang mengancam keamanan benua" paling cepat pekan depan.

"Semua yang kami lakukan hari ini karena kami terlambat (menangani) selama masa Covid dan hari ini kami tidak ingin terlambat lagi. Kami tidak ingin bergantung. Kami sudah mengambil tindakan yang tepat (sekarang)," kata Direktur Jenderal CDC Afrika Jean Kaseya mengatakan pada Kamis (8/8/2024).

Baca juga: Kasus Mpox Melonjak, WHO Segera Gelar Rapat Komite Darurat

Melansir Reuters pada Kamis (8/8/2024), kasus Mpox atau cacar monyet di Afrika telah meningkat sebesar 79 persen dari 2022-2023 dan sebesar 160 persen dari 2023-2024.

"Ini adalah salah satu aspek yang membuat kami khawatir," kata Kaseya.

Kaseya menambahkan bahwa dirinya akan melakukan panggilan telepon dengan para pemimpin Uni Afrika dan Komisi Uni Afrika pada Selasa (13/8/2024) untuk mendapatkan restu dan arahan guna mendeklarasikan keadaan darurat benua.

CDC berharap dengan peningkatan status Mpox menjadi darurat benua dapat mengoordinasikan respons terhadap penyakit di lintas perbatasan dengan lebih baik.

Baca juga: Update: Terdapat 57 Kasus Cacar Monyet di Indonesia

Ia mengungkapkan bahwa langkah ini juga bisa membuat negara-negara anggota wajib untuk memberitahukan kasus baru Mpox kepada badan kontinental.

Selanjutnya, ini memungkinkan mobilisasi sumber daya domestik dan internasional serta mempercepat penelitian dan pengembangan vaksin.

Ia menambahkan bahwa pihaknya telah melakukan pembicaraan dengan para eksekutif perusahaan farmasi Jerman BioNTech tentang peningkatan produksi vaksin setelah kemungkinan deklarasi status Mpox sebagai darurat benua pada minggu depan.

Penyebaran Mpox sudah lama masuk ke Afrika dan menyebabkan peningkatan kasus dari tahun ke tahun, tetapi baru sekarang di benua terbesar di dunia ini mengalami lonjakan kasus yang sangat tinggi.

Baca juga: Rekomendasi IDI Saat Kasus Cacar Monyet Semakin Banyak

Sejak awal 2024 ini, wabah cacar monyet parah terjadi di Republik Demokratik Kongo dengan dilaporkan ada lebih dari 14.000 kasus dan 511 kematian.

Kaseya mengatakan bahwa sekitar 70 persen kasus di Kongo terjaadi pada anak-anak di bawah usia 18 tahun.

"Ini adalah peringatan besar bagi dunia," ucapnya. "Kami kehilangan banyak pemudad di Afrika," lanjutnya.

Para ahli mengatakan tingginya jumlah kasus dan kematian di kalangan anak-anak kemungkinan terjadi karena mereka tidak mendapatkan vaksin cacar monyet sejak 1980.

Sementara itu, 40 persen anak-anak yang di hidup di wilayag tersebut mengalami kekurangan gizi, sehingga mudah terinfeksi virus Mpox.

Baca juga: Kemenkes: Kasus Cacar Monyet di Indonesia Naik karena Seks Berisiko

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau