Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Sehat Menambah Berat Badan untuk Wanita

Kompas.com - 27/08/2024, 16:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Ada sejumlah alasan mengapa seseorang butuh atau ingin menambah berat badannya. Selain itu terlalu kurus sebenarnya juga dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Kekurangan nutrisi tertentu bisa membuat penurunan berat badan tidak sehat dan memicu defisiensi vitamin dan mineral, kepadatan tulang rendah, menurunnya daya tahan tubuh, gangguan siklus haid, dan juga berpengaruh pada kulit, kuku, dan gigi.

Jika kamu termasuk orang yang ingin menambah berat badan, sangat penting untuk melakukannya secara seimbang dan bisa berkelanjutan.

Berikut adalah strategi sederhana untuk meningkatkan angka timbangan yang tetap berfokus pada gaya hidup sehat.

Baca juga: 10 Makanan Penambah Massa Otot dan Berat Badan, Ada Telur dan Susu

- Tambah asupan kalori
Kunci untuk menambah berat badan adalah menciptakan kelebihan kalori, yang berarti kamu harus mengasup lebih banyak kalori dari yang dibutuhkan tubuh.

Ketahui dulu kebutuhan kalori harian kamu dengan mengecek di kalkulator kalori, lalu tambahkan sekitar 300-500 kalori per hari untuk meningkatkan berat badan secara lambat tapi pasti.

Cara ini akan memberi hasil yang bersifat individual karena berat badan juga dipengaruhi oleh genetik, metabolisme, tingkat aktivitas, dan masalah kesehatan.

- Makan lebih sering
Jika meningkatkan kalori dengan cara menambah makanan di piring dianggap sulit, mungkin kamu bisa menggantinya dengan makan dalam porsi kecil tapi sering.

Selain itu, jika kamu termasuk kurus, lambung kamu juga mungkin kecil dan lebih gampang kenyang. Cobalah makan 5-7 kali dalam sehari dalam porsi kecil tapi makannya tinggi kalori.

Baca juga: Apakah Terlalu Banyak Pikiran Bisa Membuat Badan Kurus?

- Coba smoothie
Minum kalori bisa jadi cara efektif untuk meningkatkan kepadatan kalori dan nilai nutrisi. Beberapa kondisi medis mungkin membutuhkan kalori yang diberikan secara cair.

Pilihannya bisa berupa smoothies atau shakes yang mengandung susu tinggi lemak atau yang berbasis nabati, seperti susu kedelai, greek yogurt, atau buah-buahan segar, ditambah dengan biji-bijian untuk meningkatkan asupan protein dan lemak.

- Makanan berkalori padat
Maksimalkan waktu makan dengan memasukkan makanan padat kalori, seperti protein, karbohidrat kompleks, dan lemak. Jenisnya bisa berupa kacang-kacangan, alpukat, keju, hingga selai kacang.

- Tambahkan makanan penutup
Jangan lupakan makanan penutup (dessert) untuk menambah kalori. Kamu bisa memilih es krim, muffin, atau beberapa keping kue kering.

- Latihan olahraga
Olahraga memang bisa mendorong penurunan berat badan, tapi beberapa jenis latihan, terutama latihan kekuatan, akan membantu menambah berat badan dengan membangun otot.

Olahraga juga bisa merangsang nafsu makan, membuat proses penambahan kalori jadi lebih mudah.

Baca juga: Wanita Wajib Tahu, Ini 4 Jenis Olahraga yang Tak Bisa Bikin Langsing

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau