Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penderita Diabetes Harus Banyak Makan Apa? Berikut Penjelasannya...

Kompas.com - 15/09/2024, 18:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Perubahan pola makan perlu dilakukan penderita diabetes agar gula darahnya stabil. Lantas, penderita diabetes harus banyak makan apa?

Ternyata, penderita diabetes harus banyak makan buah dan sayur karena memiliki kandungan serat tinggi yang dapat menurunkan kadar gula darah sekaligus mencegah kelebihan berat badan.

Untuk lebih jelasnya, simak manfaat buah dan sayuran untuk pasien diabetes.

Baca juga: Makanan Pemicu Gula Darah Naik Apa? Berikut 9 Daftarnya...

Penderita diabetes harus banyak makan apa?

Ilustrasi makanan yang bagus untuk penderita diabetes yaitu sayur dan buah-buahanPexels/Wendy We Ilustrasi makanan yang bagus untuk penderita diabetes yaitu sayur dan buah-buahan

Penderita diabetes harus banyak makan sayur dan buah-buahan yang tinggi serat, vitamin, dan mineral.

Serat adalah komponen karbohidrat kompleks yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan, namun dapat dicerna oleh mikro bakteri pencernaan.

Dikutip dari laman Universitas Airlangga, banyak penelitian membuktikan bahwa asupan serat yang tinggi berpengaruh terhadap penurunan kadar glukosa darah postprandial pada penderita diabetes, pradiabetes, non-diabetes, dan menurunkan faktor risiko kondisi kronis termasuk intoleransi glukosa, hiperinsulinemia, dan hiperlipidemia postprandial.

Serat (terutama serat larut) yang masuk bersama makanan akan menyerap banyak cairan di dalam lambung dan membentuk makanan menjadi lebih kental.

Hal tersebut akan memperlambat proses pencernaan sehingga penyerapan glukosa akan terjadi secara lambat. Penyerapan glukosa yang lambat akan menyebabkan kadar glukosa darah menurun.

Dilansir dari laman RSUP Soeradji Tirtonegoro, pola makan tinggi serat juga meningkatkan sensitivitas insulin yang memungkinkan sel-sel tubuh menggunakan glukosa darah secara lebih efektif sebagai energi. Hal ini akhirnya dapat menurunkan kadar gula darah pada diabetesi.

Baca juga: Sayur Apa Saja yang Baik untuk Penderita Diabetes? Berikut 7 Daftarnya

Selain serat, mineral dan vitamin pada buah dan sayur juga menjadi bagian penting dari diet penderita diabetes.

Sebagai contoh, salah satu jenis mineral yang terdapat pada buah dan sayur, yaitu magnesium berperan dalam metabolisme karbohidrat dan pergerakan glukosa yang membantu mengatur kadar gula darah.

Kemudian, ada vitamin C yang banyak ditemukan pada sayur dan buah, berperan dalam mengurangi stres oksidatif dan mencegah komplikasi diabetes, seperti ulkus kaki.

Dengan begitu, penderita diabetes jangan sampai lupa mengonsumsi sayur dan buah-buahan.

Hampir semua jenis sayur aman dikonsumsi untuk diabetesi, kecuali sayuran bertepung, meliputi kentang, ubi, jagung, dan kacang polong. Sayuran bertepung biasanya perlu dibatasi atau boleh dikonsumsi sesuai porsi yang dianjurkan dokter.

Sementara untuk buah-buahan, penderita diabetes sebaiknya mengurangi buah yang gulanya tinggi, seperti semanga, pisang, dan mangga.

Baca juga: Sayur Apa yang Bagus buat Penderita Asam Urat? Berikut 5 Daftarnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau