Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asam Urat Harus Minum Apa? Berikut Penjelasannya...

Kompas.com - 15/09/2024, 10:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

Sumber MedlinePlus,

KOMPAS.com - Penderita asam urat umumnya diminta untuk menghindari atau membatasi makanan tinggi purin, seperti daging merah, jeroan, dan beberapa makanan laut agar kondisinya kembali normal.

Selain menghindari beberapa makanan, orang dengan asam urat perlu pandai-pandai menentukan minuman yang akan mereka konsumsi. Pasalnya, ada beberapa minuman yang kandungan purinnya tinggi.

Lantas, asam urat harus minum apa?

Asam urat yang tidak terkontrol berisiko mengakibatkan serangan asam urat atau gout pada persendian yang mengakibatkan nyeri luar biasa dan peradangan.

Hal pertama yang perlu dilakukan saat seseorang mengetahui kadar asam uratnya tinggi yaitu melakukan perubahan pola makan, terutama menghindari makanan dan minuman tinggi purin.

Dilansir dari Arthritis Foundation, penderita asam urat harus minum air putih agar kondisinya segera baik.

Air putih diklaim sebagai minuman terbaik yang harus dikonsumsi penderita asam urat karena dapat membantu mengeluarkan kelebihan asam urat dalam darah melalui urine.

Air juga melumasi sendi sehingga mencegah gejala lebih lanjut. Untuk itu, pastikan minum air putih minimal 8 gelas atau 2 liter per hari.

Selain air putih, penderita asam urat dianjurkan mengonsumsi cairan yang rendah purin dan tidak mengandung gula berlebihan.

Minuman manis atau mengandung gula bisa meningkatkan risiko asam urat karena mengandung fruktosa yang dapat dipecah tubuh menjadi purin.

Nah, berikut minuman yang terbaik untuk asam urat menurut MedlinePlus:

  • Teh herbal: mengandung antioksidan yang dapat menurunkan stres oksidatif dan inflamasi yang memicu serangan gout. Contoh teh hebal, antara lain kamomil, lavender, dan hibiscus
  • Kopi: minum kopi bisa meningkatkan laju pengeluaran asam urat dari tubuh sekaligus meningkatkan sensitivitas insulin untuk menurunkan ekskresi natrium dan asam urat pada ginjal. Sebaiknya konsumsi kopi tanpa tambahan gula, krimer kental manis, dan krim kocok. Jika ingin mengonsumsi kopi susu, sebaiknya menggunakan susu rendah lemak
  • Air lemon: kaya vitamin C yang bagus untuk menetralkan kadar asam urat dalam tubuh
  • Jus ceri segar: kaya antioksidan disebut antosianin yang dapat menurunkan kadar asam urat
  • Teh hijau: menurut penelitian, greentea dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah sekaligus membantu melawan peradangan.

Selain mengonsumsi minuman di atas, penderita asam urat dapat bertanya ke dokter terkait perubahan gaya hidup atau obat-obatan yang diperlukan untuk mengatasi kondisinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau