Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Boleh Minum Kopi di Pagi Hari? Berikut Penjelasannya...

Kompas.com - 24/09/2024, 08:10 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Kopi adalah minuman mengandung kafein atau stimulan yang dapat meningkatkan ketajaman dan mencegah kantuk. Lantas, apa boleh minum kopi di pagi hari?

Minum kopi di pagi hari boleh-boleh saja dilakukan. Namun, sebaiknya konsumsi dahulu air putih dan kudapan untuk mencegah gangguan pencernaan.

Untuk mengetahui aman tidaknya minum kopi di pagi hari, simak ulasan berikut.

Baca juga: 8 Kesalahan Minum Kopi yang Berdampak Buruk pada Kesehatan

Apakah boleh minum kopi di pagi hari?

Banyak orang mengandalkan secangkir kopi di pagi hari sebagai alarm untuk memulai aktivitasnya.

Hal itu karena kopi mengandung kafein yang dapat mendukung fungsi kognitif, mengurangi rasa kantuk, meningkatkan energi, serta mengatasi rasa lelah.

Penelitian juga menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan laju metabolisme hingga 3-11 persen untuk membakar kalori ekstra yang diperoleh dari makanan.

Hal itu karena kafein merangsang sistem saraf, mengirimkan sinyal langsung ke sel-sel lemak dengan meningkatkan kadar hormon epinefrin dalam darah, yang kemudian meningkatkan laju metabolisme.

Manfaat minum kopi di pagi hari berikutnya yaitu mencegah paparan radikal bebas selama seharian karena minuman ini kaya antioksidan, seperti polifenol.

Nutrisi yang terkandung pada kopi, seperti riboflavin, asam pantotenat, mangan, kalium, dan magnesium juga penting dalam mendukung fungsi tubuh.

Minum kopi di pagi hari juga dapat mencegah depresi sekaligus memperbaiki suasana hati.

Hal ini karena kafein mendorong kerja dopamin sehingga bisa melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh dan memberi efek penenang.

 

Baca juga: Berapa Menit Minum Kopi Sebelum Berhubungan? Berikut Penjelasannya...

Meski demikian, minum kopi di pagi hari bisa memicu gangguan pencernaan, seperti sakit perut, kembung, dan refluks asam lambung pada orang yang sensitif terhadap kafein atau mengidap penyakit tertentu.

Jadi, sebaiknya konsumsi dahulu segelas air putih kemudian kudapan atau makanan ringan sebelum minum kopi di pagi hari.

Efek samping minum kopi lainnya yaitu menyebabkan kecanduan sehingga seseorang akan membutuhkan asupan kafein yang lebih banyak untuk mendapatkan efek yang sama.

Oleh karena itu, batasi minum kopi 1 cangkir saja di pagi hari. Adapun jumlah kopi yang disarankan dalam satu hari yaitu tidak lebih dari empat cangkir.

Dilansir dari Healthline, efek kafein dapat bertahan hingga tujuh jam pada orang dewasa, jadi hindari minum kopi pada sore hari menjelang petang karena bisa menyebabkan susah tidur.

Individu yang mengalami susah tidur, cemas atau kegelisahan, gangguan pencernaan, dan masalah lain setelah minum kopi dianjurkan untuk berhenti mengonsumsinya. Kunjungi fasilitas pelayanan kesehatan dan konsultasikan ke dokter untuk mengetahui perawatan yang tepat.

Baca juga: Apakah Normal BAB Setelah Minum Kopi? Berikut Penjelasannya...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau