Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dexa Group dan 1.400 Apotek Gelar "Screening" Penyakit Kronis Gratis

Kompas.com - 01/10/2024, 10:15 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Penyakit kronis sering kali tidak menyebabkan gejala hingga sudah menimbulkan komplikasi. Oleh karena itu, melakukan deteksi dini dan screening perlu menjadi bagian dari gaya hidup sehat masyarakat.

Memperingati ulang tahunnya yang ke-55, Dexa Group bekerja sama dengan 1.400 apotek dan klinik di seluruh Indonesia mengadakan screening atau pemeriksaan kesehatan gratis (rapid test) bagi para pengunjungnya.

Kegiatan ini dilakukan di 1.400 apotek dan klinik yang berada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Palembang, Surabaya, Bandung, dan Semarang.

“Program screening ini sudah mulai berjalan sepanjang bulan Agustus dan September 2024, yang merupakan rangkaian dari kegiatan CSR dalam rangka HUT Dexa Group yang ke-55. Harapan kami, melalui program screening ini, Dexa Group dapat berkontribusi dalam upaya pencegahan dan deteksi dini penyakit kronis,” kata Direktur Utama Dexa Medica V. Hery Sutanto dalam siaran pers.

Menurut data International Diabetes Federation, jumlah penderita diabetes di Indonesia sebanyak 19,5 juta penderita di tahun 2021 dan diprediksi akan menjadi 28,6 juta pada 2045. Indonesia menduduki peringkat kelima negara dengan jumlah penderita diabetes tertinggi dunia.

Perubahan perilaku masyarakat jadi lebih sehat merupakan kunci untuk mencegah berbagai penyakit tak menular, termasuk diabetes.

Gaya hidup sehat yang dianjurkan antara lain membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak, rutin beraktivitas fisik, tak merokok, serta rutin menjalani pemeriksaan kesehatan.

Dalam program screening kesehatan gratis, Dexa Group mendistribusikan sebanyak 115.000 strip tes gula darah dan asam urat ke lebih dari 1.400 relasi apotek dan klinik, berkolaborasi dengan Group K24, OGB Dexa, GoApotik, Assist.id, GPOS, dan PT Anugrah Argon Medica (AAM).

Baca juga: Perlukah Perokok Melakukan Deteksi Dini Kanker Paru?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau