Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/10/2024, 22:15 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Kondom adalah jenis kontrasepsi yang dapat menekan angka kehamilan dan mencegah penyakit menular seksual. Lantas, kapan kondom digunakan?

Kontrasepsi kondom digunakan pasangan suami istri setiap melakukan hubungan seksual, baik seks vaginal, anal, maupun oral.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan mengenai waktu yang tepat memasang kondom dan melepasnya.

Baca juga: Bolehkah Kondom Dipakai Dua Kali? Ini Penjelasannya...

Kapan kondom digunakan?

Menurut Planned Parenthood, kondom perlu dipakai setiap kali berhubungan seksual, baik penetrasi vagina, maupun anal, terutama jika pasangan sedang menunda momongan atau tidak ingin memiliki anak.

Memakai kondom setiap melakukan aktivitas seksual juga dapat mencegah penularan penyakit menular seksual, seperti gonore, sifilis, klamidia, kutil kelamin, hepatitis B, dan HIV/AIDS.

Waktu yang tepat memasang kondom yaitu sebelum penis bersentuhan dengan vagina maupun organ lain. Itu artinya, kondom bisa digunakan sejak pemanasan atau foreplay.

Namun, pastikan penis sudah ereksi sempurna saat kondom dipasang agar tidak melorot. Kondom yang melorot bisa meningkatkan risiko kebocoran serta mengakibatkan air mani tumpah ke dalam vagina.

Pada kondom oral atau kondom lidah, sebaiknya juga dipasang sejak pemanasan. Lalu, ada baiknya tidak memasukkan area kemaluan ke rongga mulut jika kondom sudah berkontak dengan kelamin demi mencegah risiko infeksi.

Perlu diingat, pasangan harus menggunakan kondom pria, wanita, maupun lidah yang baru dikeluarkan dari kemasan, belum kadaluarsa, atau mengalami kerusakan, serta memiliki izin BPOM.

Dengan begitu, pasutri bisa memanfaatkan kontrasepsi kondom sebaik mungkin. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), kondom yang dipasang dengan benar dapat mencegah 98 persen kehamilan dan meningkatkan proteksi terhadap PMS.

Baca juga: Apakah Aman Keluar di Dalam Saat Memakai Kondom? Ini Penjelasannya...

 

Kapan waktu yang tepat untuk melepas kondom?

Kondom harus segera dilepas tepat setelah pria mengalami ejakulasi atau setelah seluruh air mani keluar.

Melepas kondom segera setelah ejakulasi penting untuk mencegah kondom terlepas sendiri karena ukuran organ kelamin yang kembali normal setelahnya.

Cara melepas kondom yang aman yaitu menahan ujung corong kondom dengan jari. Kemudian, jauhkan penis dari vagina.

Selanjutnya, gulung kondom dari pangkal penis, ikat di bagian bawah agar sperma tidak tumpah dan mengotori permukaan. Kemudian, kondom dapat dibuang ke tempat sampah.

Baca juga: Apa Ciri-ciri Kondom Bocor? Berikut 6 Daftarnya...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau