Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/08/2015, 17:33 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Meski usia tak lagi muda, aktivitas fisik secara teratur tetap penting dilakukan untuk menjaga kesehatan Anda. Olahraga dapat mencegah banyak masalah kesehatan yang datang karena usia. Juga membantu otot tetap kuat, sehingga Anda dapat tetap melakukan aktivitas sehari-hari tanpa menjadi tergantung pada orang lain.

Tidak melakukan aktivitas fisik bisa berdampak buruk bagi tubuh. Perlu diingat, melakukan sedikit aktivitas fisik lebih baik daripada tidak sama sekali. Derajat kesehatan Anda juga akan meningkat karena aktivitas fisik yang Anda lakukan.

Jika usia Anda 65 tahun ke atas, secara umum sehat dan tidak memiliki keluhan kesehatan yang menghalangi, ikutilah panduan olahraga dari Central for Disease Control & Prevention, Amerika Serikat, ini.

 

Warga senior perlu melakukan Paket olahraga 1:

- Latihan aerobik minimal 2,5 jam perminggu dengan intensitas moderat (misal: jalan santai).

- Latihan kekuatan seluruh otot tubuh minimal dua kali seminggu (misal: menggerakkan dan meregangkan tangan, kaki, pinggang, dada, dan leher).

 

Atau melakukan Paket Olahraga 2:

- Latihan aerobik yang lebih dinamis minimal 1 jam 15 menit (75 menit) perminggu (joging atau lari)

-  Latihan kekuatan seluruh otot tubuh minimal dua kali seminggu (misal: menggerakkan dan meregangkan tangan, kaki, pinggang, dada, dan leher).

 

Atau melakukan Paket Olahraga 3:

- Gabungan antara latihan aerobik Paket 1 dan 2 selama minimal 1,5 jam perminggu

- Latihan kekuatan seluruh otot tubuh minimal dua kali seminggu (misal: menggerakkan dan meregangkan tangan, kaki, pinggang, dada, dan leher)

Pilihlah satu dari ketiga paket olahraga tersebut di atas dan lakukan dengan rutin. Jika Anda memiliki keluhan kesehatan sehubungan dengan pelaksanaannya, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter .

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com