Kamis, 27 November 2014 03:12

NEWS & FEATURES / HEALTH CONCERN - ARTIKEL

Kenali Penyebab Cegukan

Penulis : Lusia Kus Anna | Kamis, 26 Agustus 2010 | 13:36 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

KOMPAS.com — Cegukan merupakan gangguan ringan yang dialami oleh hampir setiap orang, mulai dari bayi hingga orang lanjut usia. Biasanya cegukan akan hilang setelah beberapa saat, tetapi pada kondisi tertentu, cegukan bisa berlangsung berhari-hari. Bagaimana cara mengatasinya?

Ada kalanya cegukan bertahan selama beberapa hari, bahkan berminggu-minggu. Hal ini tentu mengganggu aktivitas dan tidur kita. Cegukan yang berkepanjangan ini pada umumnya terjadi setelah seseorang menjalani operasi besar. Dalam beberapa kasus, cegukan yang menetap bisa menjadi tanda adanya gangguan yang serius.

Cegukan berulang kali terjadi akibat kontraksi involunter diafragma, yaitu otot yang memisahkan dada dari abdomen. Normalnya, saraf frenik yang memanjang dari leher hingga dada mengontrol kontraksi kedua sisi diafragma secara teratur dan terkendali. Cegukan bisa berawal dari iritasi yang terjadi di sepanjang saraf frenik itu. Cegukan mungkin terjadi ketika perut dalam keadaan teregang, biasanya sehabis makan besar atau alkohol berlebihan.

Untuk mengatasinya, cobalah pijat bagian belakang langit-langit dengan cotton bud, yang digerakkan secara perlahan ke depan dan ke belakang selama lebih kurang satu menit. Menelan satu sendok gula mampu menghentikan cegukan hanya dalam beberapa menit. Gula dipercaya bisa merangsang saraf-saraf otot kita, terutama ketika otot diafragma mulai berkontraksi secara tidak teratur.


Sumber :

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui