Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelatihan untuk Praktisi Kesehatan Mata

Kompas.com - 20/10/2010, 14:42 WIB

Kompas.com - CIBA Vision, produsen lensa kontak, meluncurkan sebuah inisiatif pendidikan bagi para praktisi kesehatan mata yang disebut CIBA VISION Academy for Eyecare Excellence atau CV Academy. Menggandeng Departemen Mata RSCM Jakarta, program pendidikan dan pelatihan itu diharapkan membantu para praktisi kesehatan mata agar memiliki pengetahuan terkini mengenai aspek klinis lensa kontak dan perawatannya.

Danny Widodo, Country Head CIBA Vision, mengungkapkan CV Academy merupakan sebuah inisiatif global yang sudah dilakukan di 21 negara. "Kami ingin memastikan pasien yang menggunakan lensa kontak menerima pelayanan dan perawatan yang terbaik," katanya dalam acara jumpa pers peluncuran program CV Academy di Jakarta (19/10).

Selain para dokter mata, CV Academy juga akan memberikan pelatihan kepada para mahasiswa kedokteran, optician (praktisi yang melakukan tajam penglihatan di optik), termasuk juga para pebisnis atau pemilik optik.

Modul pelatihan yang akan diberikan kepada para peserta akan terdiri dari pengetahuan tentang lensa kontak. "Untuk materi bagi para profesional, akan diajarkan tentang anatomi mata, pemeriksaan awal sebelum memakai lensa kontak, hingga fitting lensa kontak," papar dr.Tri Rahayu, Sp.M,  Ketua Divisi Refraksi dan Lensa Kontak RSCM.

Ia menambahkan, harus diakui masih banyak optician yang memiliki pengetahuan kurang dalam hal lensa kontak. "Banyak yang kurang menguasai tentang lensa kontak. Selain itu banyak konsumen yang dengan mudahnya membeli lensa kontak tanpa pemeriksaan yang tepat," paparnya.

Materi pelatihan lainnya adalah mengenai pengelolaan bisnis serta cara berkomunikasi yang efektif terhadap pasien serta memberikan solusi koreksi penglihatan yang tepat sesuai kebutuhan dan gaya hidup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com