Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Susu Tercemar Mencapai 53.000 Anak

Kompas.com - 22/09/2008, 15:44 WIB

BEIJING, SENIN — Jumlah anak yang menjadi korban keracunan akibat kontaminasi zat melamin dalam produk susu di China melonjak hingga 53.000 orang, demikian dilaporkan Pemerintah China, Senin (22/9), yang berjanji mengatasi salah satu skandal terburuk dalam hal keamanan pangan di Negeri Tirai Bambu itu.

Menurut keterangan Menteri Kesehatan China dalam pernyataan yang dilansir situs resminya, lebih dari 80 persen di antara 12.892 anak yang dirawat di rumah sakit selama beberapa pekan adalah anak berusia 2 tahun atau bahkan lebih muda.  Sejauh ini, empat anak tercatat meninggal dunia dan 104 lain dirawat dalam kondisi kritis.

"Sementara itu 39.965 anak lainnya menjalani perawatan di luar rumah sakit dan dipertimbangkan sudah mulai berangsur pulih," kata Menkes China seperti diberitakan AP.  

Menkes menambahkan, kebanyakan anak sakit karena mengonsumsi susu formula buatan Shijiazhuang Sanlu Group Co, perusahaan susu yang menjadi pusat skandal. “Anak yang dirawat umumnya mengonsumsi susu bubuk merek Sanlu. Belum ada kasus untuk susu cairnya,” imbuhnya.

Pada akhir pekan kemarin, otoritas Hongkong telah melaporkan kasus pertama cemaran melamin di luar wilayah China.  Seorang anak berusia 3 tahun dikabarkan mengidap batu ginjal akibat mengonsumsi produk susu asal China. Pemerintah Hong Kong menyatakan, saat ini anak perempuan tersebut masih dirawat di rumah sakit.  

Sementara itu dari Singapura dilaporkan bahwa jejak cemaran melamin juga ditemukan pada produk-produk susu buatan China serta permen susu bermerek White Rabbit yang juga berasal dari China. "Retailer dan importir telah diinstruksikan untuk menarik produk-produk ini dan menahan barang dari penjualan," ungkap otoritas Makanan Pertanian dan Veteriner Singapura dalam sebuah pernyataan.

Kajian para ahli mengenai bahaya melamin bagi manusia sejauh ini masih terbatas. Namun, dalam uji coba hewan, zat kimia itu terkait batu ginjal dan kerusakan sistem reproduksi. Jika susu yang tercemar melamin dikonsumsi, ada kemungkinan menimbulkan gangguan metabolisme pada bayi dan anak-anak.

Organ tubuh yang paling cepat mengalami gangguan metabolisme adalah ginjal yang berfungsi membuang racun-racun. Jika konsentrasi racun, dalam hal ini melamin, terlalu tinggi, hal itu akan mengganggu fungsi ginjal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com