Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Bersosialisasi dari Lumba-lumba

Kompas.com - 15/03/2009, 23:50 WIB

KOMPAS.com - SeaWorld di Orlando, AS, mengeluarkan gambar yang merekam keriangan lumba-lumba yang meniupkan gelembung udara dari lubang pernapasannya. Mamalia yang menghuni SeaWorld itu terlihat asyik meniupkan gelembung udara dan menyusupkan kepalanya ke dalamnya sehingga tampak gelembung itu menjadi lingkaran yang sempurna.

Mamalia yang hidup di bawah permukaan air ini juga menikmati permainan dengan cincin gelembung udara berukuran besar serta mengitari cincin itu dengan moncongnya. Lumba-lumba itu juga dengan lincahnya memecahkan gelembung udara besar menjadi kumpulan gelembung udara kecil.

"Sungguh perilaku luar biasa yang ditunjukkan oleh lumba-lumba yang tampak saling belajar dari satu dengan lainnya," kata salah satu pelatih lumba-lumba itu. Pelatih lain mengaku terpesona dengan "pertunjukkan luar biasa" yang pernah disaksikannya ini.

Sebagian besar mamalia yang terlibat atraksi ini adalah lumba-lumba betina. Hal tersebut diperkirakan karena terdapat kecenderungan lumba-lumba jantan menahan  diri untuk bersosialisasi antara satu dengan lainnya.

SeaWorld telah menjadi lokasi penangkaran lumba-lumba selama lebih dari 30 tahun. Namun, salah satu pelatih mamalia di SeaWorld ini mengaku perilaku lumba-lumba tersebut menyentak perhatiannya dan teman-teman sejawat lainnya.

"Saat kita mengira kita telah mengamati seluruh perilaku mamalia tersebut ternyata selalu ada hal baru yang ditunjukkan oleh mereka. Lumba-lumba benar- benar banyak memberikan pelajaran kepada kita," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com