Jumat, 19 September 2014 18:49

NEWS & FEATURES / HEALTH CONCERN - ARTIKEL

Persalinan

Naik Turun Tangga Lancarkan Pembukaan

Selasa, 21 September 2010 | 15:05 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

Kompas.com - Penghambatan pembukaan saat persalinan, bisa diminimalisasi, bahkan dihindari. Caranya, dengan memperkecil keadaan darurat, yaitu melakukan perawatan kehamilan yang memadai, misalnya memeriksakan kehamilan satu bulan sekali.

Pemeriksaan fisik ibu sebelum dan selama hamil, menurut dr.Oni Khonsa, Sp.OG, dari RS Ibu dan Anak Tambak, Manggarai, Jakarta, guna mengetahui kelainan yang sering muncul, misalnya hipertensi, diabetes gestasional atau jantung, juga merupakan antisipasi yang baik terhadap berbagai potensi kendala.

Ibu hamil juga dianjurkan mengonsumsi makanan bergizi dan cukup istirahat. Bila perlu dokter akan memberikan asupan vitamin tambahan. Jangan lupa menjaga kebugaran selama hamil dan melakukan senam hamil, setidaknya sebulan sebelum persalinan.

Cara yang sederhana adalah latihan naik turun tangga. Asal dilakukan dengan hati-hati, naik turun tangga besar manfaatnya untuk membantu janin turun ke jalan lahir. "Agar ibu lebih tenang saat bersalin, sebaiknya ibu merencanakan kehamilan secara matang. Jadi hamil bukan sekedar ikut-ikutan, emosional, atau karena tuntutan pihak lain. Dengan begitu ibu menjalani kehamilan dengan santai dan lebih terbuka saat menjalani persalinan," tutur dr.Oni.

Dia juga menyarankan agar ibu mengetahui semua informasi pertolongan persalinan yang biasa dilakukan dokter. Dengan informasi cukup, ibu bisa lebih siap dan rasa takut berkurang. (GHS/put)


Sumber :
Tabloid Gaya Hidup Sehat
Editor :
Lusia Kus Anna

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui