Jumat, 21 November 2014 09:16

LIFESTYLE / FITNES - ARTIKEL

5 Cara Memperbaiki Postur Tubuh

Penulis : Lusia Kus Anna | Jumat, 24 September 2010 | 08:37 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

Kompas.com - Postur tubuh ikut menentukan kesempurnaan penampilan. Mereka yang memiliki postur yang buruk, dikarenakan kebiasaan berdiri, duduk, mengangkat bahu atau memakai sepatu hak tinggi, sering mengeluhkan nyeri di bagian anggota gerak atau tulang punggung.

Untuk mengatasinya, Anda harus mulai memiliki sikap tubuh yang benar dan melakukan latihan penguatan otot. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengoreksi postur tubuh yang buruk.

1. Berkacalah Langkah pertama adalah mengetahui postur tubuh yang Anda miliki. Anda bisa melakukannya dengan berkaca pada cermin atau minta teman mengambil foto Anda dari samping. Bila ternyata bahu Anda agak bungkuk, cobalah untuk berdiri tegak. Tarik otot perut dan bokong ke dalam dan angkat dagu.

2. Duduk dengan lurus Bila Anda pekerja yang banyak menghabiskan waktu di belakang meja, biasakan untuk duduk dengan punggung menempel di kursi dengan kedua telapak kaki menempel di lantai. Usahakan kepala tegak dan mata fokus ke depan. Ini berarti layar komputer Anda tidak berada terlalu tinggi atau rendah. Pastikan paha sejajar dengan lantai dan kepala tidak menjulur ke depan.

3. Ganti sepatu Anda Sepatu hak tinggi (high heels) memang tampak cantik di kaki, namun tidak untuk postur tubuh Anda. Hindari memakai high heels terlalu sering dan lama. Para ahli kesehatan terus mengingatkan bahaya penggunaan high heels dalam jangka panjang untuk persendian. Sepatu yang disarankan untuk dipakai dalam waktu cukup lama adalah yang memiliki bantalan empuk, tidak terlalu sempit serta memiliki hak tidak lebih dari tiga sentimeter.

4. Lakukan latihan yang tepat Selain memperbaiki postur, latihan penguatan otot-otot perut, leher, bokong, serta punggung sangat diperlukan. Ikutilah kelas kebugaran. Bila perlu konsultasikan masalah postur Anda pada terapis atau dokter untuk memilih jenis latihan yang paling tepat.

5. Terus praktikkan Ingatlah selalu untuk mempraktikkan postur yang benar dengan selalu memperhatikan cara duduk dan berdiri. Untuk membayangkan postur yang benar, berdirilah tegak dengan membayangkan cuping telinga berada dalam satu garis lurus dengan daerah punggung kaki. Untuk memotivasi diri, tempelkan tulisan di layar komputer atau mobil Anda untuk mengingatkan Anda akan psotur tubuh yang benar.


Sumber :

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui