Kamis, 23 Oktober 2014 23:28
Caring by Sharing | Kompas.com

KONSULTASI / ANAK - ARTIKEL

KONSULTASI ANAK

Bersama Dr.Rifan Fauzie, SpA

Dokter Spesialis Anak di Kelompok Kerja Respirologi Anak, Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita Jakarta. 

Membawa Bayi Naik Pesawat

Selasa, 29 Maret 2011 | 12:55 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
SHUTTERSTOCK
Persiapkan segala perlengkapan anak saat akan bepergian menggunakan pesawat.

TANYA:

Salam pak dokter, anak saya sekarang umur tujuh minggu, karena cuti melahirkan ibunya segera akan berakhir, terpaksa harus kembali ke Jakarta dengan naik pesawat. Apakah perubahan tekanan dalam kabin pesawat nanti mempunyai efek yang berbahaya bagi anak saya?

Mulai umur berapa seorang anak dianggap aman untuk naik pesawat? Apakah ada cara-cara tertentu yang dapat saya lakukan untuk mengurangi efek tersebut? Demikian pertanyaan saya, atas perhatian dan bantuan Dokter saya ucapkan terima kasih.

Marojahan, Balikpapan

JAWAB :

Perubahan tekanan udara yang terjadi saat naik pesawat terbang akan mempengaruhi fungsi organ tubuh manusia terutama telinga. Perubahan tekanan udara yang mendadak akan menyebabkan penyempitan rongga telinga bagian dalam sehingga seringkali kita harus melakukan gerakan menelan air ludah atau mengunyah sesuatu untuk mempertahankan rongga tersebut agar tetap terbuka, pada bayi atau anak yang lebih besar biasanya mereka dianjurkan untuk minum/menyusu atau memakan sesuatu.

Bila rongga tersebut tetap tertutup misalkan karena sesuatu sebab seperti sedang menderita batuk pilek, maka akan terasa sakit sekali. Faktor lain adalah dengan bepergian menggunakan fasilitas umum seperti pesawat udara maka ia akan lebih terpapar oleh segala bentuk transmisi/penularan penyakit terutama yang menyebar melalui udara (airborne disease). Hal ini perlu menjadi perhatian bagi orangtua.

Sebenarnya tidak ada batasan yang baku untuk usia berapa seorang bayi dapat melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang dan tiap maskapai penerbangan memiliki persyaratan tertentu mengenai usia bayi minimal. Sebaiknya setelah usia 2-3 bulan seorang bayi dapat memulai perjalanan melalui pesawat terbang, dimana daya tahan tubuhnya mulai berkembang lebih baik, dan respon terhadap lingkungan baru lebih baik.

Yang perlu diperhatikan adalah usahakan agar bayi merasa nyaman, ceria dan kenyang selama penerbangan sehingga ia melalui pengalaman pertamanya tersebut dengan baik. Dan hindari bepergian melalui udara apabila sedang menderita infeksi saluran napas akut seperti sedang batuk pilek, radang telinga dan kondisi sakit lainnya yang menyebabkan rasa tidk nyaman yang berlebih.


Editor :
Lusia Kus Anna
Tahun

Cm    Kg
Laki-laki    Perempuan


Incorrect please try again

ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat


IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui