Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hipertensi Turunkan Gairah Seks Wanita

Kompas.com - 24/09/2011, 14:15 WIB

Kompas.com - Wanita yang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi lebih tinggi risikonya menderita disfungsi seksual berupa turunnya libido, dibandingkan dengan wanita yang tekanan darahnya normal.

Peneliti Michael Doumas dan timnya dari University of Athens menyimpulkan hal tersebut setelah melakukan penelitian terhadap 400 wanita yang melakukan rawat jalan di sebuah klinik di Yunani.

Doumas menemukan, disfungsi seksual wanita lebih sering ditemui pada mereka yang menderita hipertensi atau  mengonsumsi obat-obatan penurun tekanan darah tinggi dalam jangka panjang, dibandingkan dengan wanita yang bukan penderita hipertensi.

Selain itu usia dan lamanya seseorang menderita hipertensi turut berpengaruh pada berkurangnya gairah seks tersebut. Makin tua usia seseorang makin tinggi risiko mereka mengalami disfungsi seksual.

Hipertensi terjadi jika tekanan darah melebih 140/90 mmHg. Penyebab utama hipertensi antara lain pola makan yang terlalu tinggi garam, selain juga faktor keturunan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com