Jumat, 4 September 2015

Health

7 Tips agar Tetap Termotivasi Berolahraga

Senin, 31 Oktober 2011 | 13:13 WIB

KOMPAS.com — Pernahkah Anda mencoba untuk memulai program latihan kebugaran atau olahraga, tetapi kemudian berhenti? Jika ya, Anda tidak sendirian. Banyak orang memulai program kebugaran, tetapi berhenti lantaran mereka bosan dan hasil yang diharapkan tidak kunjung datang.

Sebenarnya, Anda tidak perlu memutuskan sampai berhenti melakukan program kebugaran tersebut jika tahu cara menyiasatinya. Berikut adalah tujuh tips untuk membantu Anda tetap termotivasi melakukan aktivitas kebugaran dan olahraga.

1. Tetapkan tujuan

Mulailah dengan tujuan sederhana, setelah itu maju ke tahap janga panjang. Anda harus selalu mengingat akan tujuan yang ingin dicapai, dan buatlah itu menjadi suatu kenyataan. Seseorang akan menjadi sangat mudah frustrasi dan menyerah jika mempunyai tujuan yang terlalu ambisius.

2. Buat segalanya menyenangkan

Cari olahraga atau aktivitas yang Anda sukai. Program latihan akan berjalan lancar jika Anda melakukannya tanpa beban. Jika Anda tidak menikmati program latihan tertentu, jangan langsung memutuskan untuk berhenti. Akan tetapi, cobalah dengan sesuatu yang berbeda. Ingat, olahraga tidak harus membosankan, Anda bisa memulainya sesuai dengan hobi Anda.

3. Aktivitas fisik sebagai rutinitas harian

Banyak orang beralasan, sulit menemukan waktu luang untuk berolahraga. Waktu bukanlah alasan bagi Anda untuk tidak melakukan olahraga. Lakukan dengan cara yang sederhana, misalnya gunakan tangga (bukan lift) di tempat kerja dan mengayuh sepeda stasioner atau treadmill saat Anda menonton TV di malam hari.

4. Tulis rencana program latihan

Membuat rencana latihan olahraga secara teratur di atas kertas dapat membantu Anda tetap termotivasi. Mencatat apa yang sudah dilakukan, berapa lama berolahraga, dan bagaimana perasaan sesudahnya dapat membantu Anda untuk menilai apa saja kekurangan yang perlu Anda perbaiki.

5. Bergabung dengan teman

Anda sebaiknya tidak sendirian. Undang teman atau rekan kerja untuk bergabung dengan Anda ketika memutuskan untuk berolahraga. Melakukan kegiatan secara bersama-sama akan membuat Anda lebih bersemangat dan termotivasi.

6. Hadiahi diri Anda sendiri

Setiap melakukan sesi latihan, luangkan waktu beberapa menit untuk Anda merasakan betapa bermanfaatnya olahraga. Jenis imbalan internal ini dapat membantu Anda untuk membuat komitmen jangka panjang dalam melakukan olahraga secara teratur.

7. Bersikaplah fleksibel

Jika Anda terlalu sibuk bekerja di luar dan merasa tidak sanggup melakukan program latihan sesuai jadwal, ambillah satu atau dua hari untuk istirahat. Jangan memaksakan sesuatu yang sudah tidak mungkin dapat Anda lakukan. Yang terpenting adalah bagaimana Anda bisa kembali ke program latihan setelah merasa semuanya kembali baik.

Editor : Asep Candra
Sumber: