Minggu, 26 April 2015

Health

Sumber Kalsium Selain Susu

Sabtu, 21 Januari 2012 | 09:45 WIB

Kompas.com - Bila ingin memiliki tulang kuat, ada dua nutrisi kunci yang harus dipenuhi, yakni kalsium dan vitamin D. Kalsium diperlukan untuk mendukung struktur tulang dan gigi, sedang vitamin D akan meningkatkan penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang.

Bicara mengenai kalsium, ingatan orang pasti langsung menuju kepada susu. Memang ada alasan mengapa susu identik dengan kalsium. Delapan ons susu rendah lemak mengandung 90 kalori dan memenuhi 30 persen kebutuhan harian kalsium.

Kendati demikian masih banyak sumber kalsium lain yang tak kalah hebat dan mudah ditemui sehari-hari.

1. Ikan sardin

Ikan sardin ternyata kaya akan vitamin D dan kalsium. Biasanya ikan kecil ini dijual dalam bentuk kalengan, tetapi akan lebih baik jika Anda mengonsumsi ikan sardin segar.

2. Telur

Meski telur hanya mengandung enam persen dari total kebutuhan vitamin D harian, tetapi bahan pangan ini mudah didapat. Vitamin D dalam telur terdapat dalam bagian kuningnya.

3. Salmon

Ikan ini lebih terkenal akan kandungan omega-3, tetapi salmon berukuran 3 ons mengandung lebih dari 100 persen kebutuhan vitamin D harian. Rutin mengonsumsi ikan ini bukan hanya menguatkan tulang tapi juga menyehatkan jantung. Ikan lain yang kaya vitamin D adalah tuna.

4. Bayam

Tidak suka minum susu? Bayam bisa menjadi alternatif sumber kalsium Anda. Satu cangkir bayam mengandung 25 persen kebutuhan kalsium, ditambah serat, zat besi, dan vitamin A. Selain bayam, Anda juga bisa mendapatkan kalsium dari sayuran berdaun hijau.

5. Jus jeruk

Segelas jus jeruk segar bisa menjadi sumber kalsium dan vitamin D. Beberapa jus jeruk siap minum juga sudah difortifikasi dengan vitamin lainnya.

 

Editor : Lusia Kus Anna
Sumber: