Sabtu, 20 Desember 2014 19:57

KONSULTASI / PENYAKIT DALAM - ARTIKEL

KONSULTASI PENYAKIT DALAM

Bersama Dr Irsyal Rusad., Sp PD., MH

Spesialis Penyakit Dalam Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Anggota Persatuan Ahli Penyakit Dalam Infonesia ( PAPDI) dan Pengurus PAPDI Cabang Riau. Berminat dalam bidang Healthy Life, Healthy Aging, dan Diabetes Mellitus.

Tinggi Badan dan Pertumbuhan Tulang Rawan

Rabu, 22 Februari 2012 | 10:54 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi tinggi badan remaja.

TANYA :

Dok, saya adalah remaja berusia 20 tahun.  Yang ingin saya tanyakan, apakah saya masih bisa tinggi lagi dengan umur segini? Batas umur pertumbuhan tinggi badan itu berapa sih Dok? Saya pernah dapat artikel tentang pertumbuhan tulang rawan yang bisa tumbuh tanpa mengetahui umur berapapun, isinya ada panduan stretching untuk merangsang pertumbuhan tulang rawan pada punggung dan lutut, dan juga tetap saja harus didukung dengan makanan/minuman yg tinggi kalsium. Kalau misal tulang rawan yang di punggung bisa tumbuh lagi, apakah itu rentan patah Dok?Apakah ada tips buat meninggikan badan Dok? 

(Rendi, 20, Yogyakarta)

JAWAB :

Mas Rendi yang baik, tinggi badan memang selalu menjadi masalah tersendiri terutama ketika tidak sesuai harapan. Perlu sedikit saya jelaskan bahwa pada saat bayi, jumlah tulang kita ada sedikitnya sekitar 300 buah yang lebih banyak terdiri dari tulang rawan. Ketika kita beranjak dewasa, maka tulang rawan ini menjadi tulang-tulang yang kita miliki sekarang. Proses ini disebut dengan osifikasi dan untuk masing-masing tulang memiliki proses berbeda-beda dalam mencapai pertumbuhannya.

Umumnya, pada wanita lebih dahulu mencapai pertumbuhan maksimal yang didapatkan sebelum terjadi menstruasi. Pertumbuhan tulang sendiri baik, tulang lengan dan kaki, biasanya didapatkan maksimal sekitar usia 15-20 tahun. Lebih dari usia itu, biasanya sudah sulit untuk terjadi pertumbuhan tinggi badan lebih lanjut.

Mengenai masalah stretching yang bisa menyebabkan pertumbuhan tulang punggung dan menambah tinggi badan, saya belum pernah menemukan teori atau jurnal ilmiah yang mengonfirmasikan hal tersebut. Tetapi memang beberapa kali diulas mengenai densitas atau kepadatan tulang yang berkurang bila melakukan stretching. Untuk hal tersebut, yang masih saya ragukan apakah benar atau tidak tubuh bertambah tinggi bila hanya dengan stretching.

Menyoal pemakaian kalsium sebagai salah satu suplemen, memang sering disarankan. Akan tetapi, bukan berarti bahwa adanya asupan kalsium akan menyebabkan tulang bertumbuh secara cepat. Kembali lagi, faktor gentika juga sangat berperan di dalamnya. Selain itu, beberapa hal akan berpengaruh dalam pertumbuhan tulang seperti peranan hormon endokrin, mineral lainnya, vitamin D, nutrisi yang cukup, aktivitas fisik , dan banyak faktor lain yang berperan dalam pertumbuhan. Semoga jawaban saya bisa membantu.






Editor :
Asep Candra
Tahun

Cm    Kg
Laki-laki    Perempuan


Incorrect please try again

ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat


IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui