Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lancarkan Persalinan dengan Yoga

Kompas.com - 07/04/2012, 18:48 WIB

KOMPAS.com - Ketika sedang hamil, Anda juga perlu menjaga aktivitas fisik agar melancarkan proses persalinan nantinya. Tentu saja, pilihan latihannya perlu disesuaikan dengan kondisi perut yang semakin membesar. Di antara beberapa jenis latihan fisik yang dianjurkan untuk ibu hamil, salah satunya adalah yoga.

Menurut Duncan Peak, pakar yoga dan pendiri Power Living Australia, latihan yoga dapat membantu Anda melalui masa kehamilan dengan lebih baik. Ini dikarenakan latihan yoga juga meliputi sesi meditasi, sehingga dapat membantu dalam menenangkan berbagai kecemasan yang mungkin timbul selama kehamilan. Sementara teknik pernafasan yang mendalam akan melatih Anda dalam menghadapi proses persalinan.

Untuk latihan-latihan rutin di rumah, ada beberapa pose yang disarankan oleh Peak. "Mulailah dengan 'Child Pose', dengan kedua lutut yang terbuka cukup lebar sehingga tidak menekan perut, lalu letakkan dada di atas guling agar terasa lebih nyaman," sarannya.

Bila Anda sudah terbiasa latihan yoga, dapat melakukan rangkaian sun salutation setelahnya, hanya saja dengan beberapa modifikasi. Seperti mengganti Cobra Pose dengan Cat Pose. Setelah melakukan pose Downward Facing Dog, Anda bisa perlahan ke posisi berdiri dengan cara menopang tangan ke bagian paha dan bangkit perlahan.

Yang jelas, jangan memaksakan melakukan pose tertentu bila kondisi tubuh tidak memungkinkan. Selain itu, mengingat tingkat fleksibilitas bumil biasanya berkurang semasa kehamilan, sebaiknya Anda berhati-hati untuk tidak meregangkan tubuh secara berlebihan selama latihan. Beri perhatian lebih pada kontraksi di area dasar panggul pada setiap pose. Gunakan alat bantu seperti blok, guling, atau kursi untuk menyokong tubuh selama berlatih.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com