Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usia Harapan Hidup di Sleman Tertinggi di Indonesia

Kompas.com - 16/04/2012, 11:44 WIB
Gandang Sajarwo

Penulis

YOGYAKARTA,KOMPAS.com — Usia harapan hidup di Kabupaten Sleman tertinggi di Indonesia, yaitu mencapai 75,6 tahun. Angka ini melebihi usia harapan hidup rata-rata penduduk DI Yogyakarta berkisar 74 tahun, dan angka usia harapan hidup nasional berkisar 70 tahun. Temuan ini memiliki implikasi meningkatnya kebutuhan pelayanan kesehatan bagi kelompok lanjut usia atau lansia.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengakui, tingginya angka usia harapan hidup di Sleman ini menjadikan pelayanan kesehatan untuk para lansia juga meningkat. Salah satunya kebutuhan penanganan penyakit degeneratif dan gangguan mata katarak.

"Ibarat kendaraan bermotor, semakin tua usianya, biaya perawatannya semakin mahal, keluhan-keluhannya juga semakin beragam. Semua ini harus diantisipasi agar selain usia harapan hidunya tinggi, tteapi juga kualitas hidupnya baik," kata Sri Purnomo, saat melakukan kunjungan pada operasi katarak gratis bagi keluarga kurang mampu di Rumah Sakit Akademik (RSA) Universitas Gadjah Mada, Minggu (15/4/2012).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com