Kamis, 21 Agustus 2014 02:42

Menkes: Masyarakat Indonesia Harus Mencintai Kesehatannya

Penulis : Maria Natalia | Kamis, 14 Juni 2012 | 17:19 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengucapkan sumpah di depan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dalam acara pelantikan dirinya di Istana Negara, Jakarta, Kamis (14/6/2012). Nafsiah akan meneruskan sisa masa jabatan menteri terdahulu, Endang Rahayu Sedyaningsih yang wafat beberapa waktu lalu karena sakit.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengimbau masyarakat Indonesia untuk mencintai kesehatan mulai saat ini. Menurutnya selama ini, masyarakat cenderung menaruh harapan kesehatannya pada pemerintah, tapi tidak banyak yang berusaha untuk mencegah penyakit datang.

"Setiap orang harus katakan kesehatan saya adalah harta saya, tanggung jawab saya. Sehat adalah hak kita. Kita adalah masyarakat yang sehat. Ini adalah kementerian kesehatan, bukan kementerian kesakitan, kita harus menjaga kesehatan kita lebih baik mencegah sakit kan," kata Nafsiah di Istana Negara, Jakarta, Kamis (14/6/2012).

Dokter spesialis anak ini baru saja dilantik Presiden Yudhoyono hari ini. Menurutnya beberapa pesan Presiden yang harus ia jalankan adalah memperbaiki pelayanan kepada masyarakat dan jaminan kesehatan sosial. Selain itu, Presiden juga meminta melanjutkan program Millenium Development Goals (MDGs), seperti mengurangi jumlah kematian anak, meningkatkan kesehatan ibu anak serta memerangi HIV/AIDS.

"Indonesia negara yang sangat besar, kita harus prioritaskan. Tentu saja harus saya bahas dengan teman-teman di Kementerian Kesehatan sendiri, apa yang sudah direncanakan, termasuk dari program bu Endang dulu, dan prioritas beberapa tahun ke depan," terang Nafsiah.

Ia juga menyatakan bahwa nantinya anggaran Jaminan Kesehatan Masyarakat harus diprioritaskan pada promosi kesehatan dan pencegahan, bukan sekadar anggaran pengobatan bagi yang sakit. "Promosi hidup sehat dan pencegahan lebih murah daripada pengobatan. Kalau pengobatan akan tersedot di situ semua anggarannya, tidak mungkin cukup untuk penghobatan. Lebih baik kita mencegah sakit," tegasnya.

Terakhir, Nafsiah meminta masyarakat dan media massa untuk mendukung kerjanya selama menjabat sebagai Menkes, agar ia dapat memajukan kesehatan masyarakat Indonesia. "Kesempatan ini tentu adalah berkat untuk saya di mana mungkin saja di dalam waktu dua tahun saya bisa berbuat lebih baik untuk kesehatan masyarakat," tutur Nafsiah.


Editor :
I Made Asdhiana

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui